1 Oktober Pemkab Muna dan KPU Teken NHPD – Buton Pos
Suara Sultra

1 Oktober Pemkab Muna dan KPU Teken NHPD

Kubais

BUTONPOS.COM, MUNA- Tahapan Pilkada 2020 akan dimulai pada 23 September mendatang. Kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna mulai melakukan persiapan. Salah satunya terkait kesiapan anggaran dari Pemkab Muna, untuk anggaran Pilkada yang telah disiapkan Pemkab sebesar Rp 37,2 miliar. Dana tersebut sudah termaksud biaya bila terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan, anggaran itu merupakan hibah. Nah, sebelum proses pencairanya akan dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dari Pemkab ke KPU. “Jadwalnya 1 Oktober,” kata Kubais.

Dana tersebut akan dicairkan secara bertahap. Dimana, Pemkab mengalokasikan di APBD-P tahun sebesar Rp 1,5 M yang akan digunakan hingga Bulan Februari 2020. Sisanya akan dianggarkan di APBD 2020. “Dana di APBD-P digunakan untuk persiapan pembentukan badan adhock, rapat kordinasi, persianan pemuktahiran DPT dan sosialisasi,” ungkapnya.

Membengkaknya anggaran Pilkada disebabkan, honor badan adhock naik 100 persen. Misalnya, honor PPK yang sebelumnya Rp 850 ribu menjadi Rp 1.850.000, PPS dari Rp 350 ribu menjadi Rp 1 juta. Kemudian, untuk pengadaan alat peraga calon dan biaya pemasanganya ditanggung oleh KPU. “Rp 37, 2 M itu hitngan lima calon termaksud untuk persiapan PSU,” sebutnya. (cr1)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top