114 Calon Relawan Demokrasi Jalani Tes Wawancara di KPU Buteng – Buton Pos
Suara Buton Tengah

114 Calon Relawan Demokrasi Jalani Tes Wawancara di KPU Buteng

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Sebanyak 114 calon relawan demokrasi yang telah lolos berkas, menjalani seleksi wawancara hari terakhir di Sekretariat KPU Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Rabu (16/1/2019).

Pendaftaran relawan demokrasi ini dibuka 11-13 Januari 2019. Sehari kemudian, diumumkan bagi mereka yang lolos berkas. Selanjutnya seleksi wawancara selama dua hari, 15-16 Januari 2019.

“Besok (Hari in, red) 17 Januari 2019 hasil wawancaranya kita umumkan. Dari 114 yang ikut wawancara, kita akan terima sebanyak 55 orang saja untuk menjadi relawan demokrasi Pemilu 2019,” ungkap Komisioner KPU Buteng, Divisi Parmas dan SDM, La Ode Hasrullah, ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/1).

55 orang yang lulus nantinya, kata dia, akan mengisi 10 basis kerja yang menjadi tugas mereka selama tiga bulan tersisa untuk mensosialisasikan Pemilu 2019. “Perekrutan relawan demokrasi ini merupakan program KPU RI, dimana setiap KPU kabupaten/kota merekrut sebanyak 55 orang,” jelas Hasrullah.

Adapun 10 basis kerja yang menjadi tugas relawan demokrasi ini melakukan sosialisasi yakni basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, marjinal, komunitas, keagamaan, dan warganet atau netizen.

Ketua KPU Buteng La Ode Nuriadin menjelaskan, relawan demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih. Dengan peranan mereka diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 secara optimal.

Perekrutan relawan demokrasi ini sebagai tindaklanjut atas surat KPU RI Nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 tanggal 9 Januari 2019 tentang pembentukan relawan demokrasi Pemilu serentak tahun 2019.

“Pemilih akan berhadapan dengan lima jenis surat suara di TPS, sehingga butuh kecermatan pemilih untuk memastikan tata cara pemberian suara yang benar di TPS. Ini menjadi salah satu tugas relawan demokrasi untuk mensosialisasikannya kepada basis yang ditugaskannya,” terang Nuriadin.

Untuk menguasai materi yang disosialisasikannya ke basis kerjanya, kata dia, para relawan demokrasi akan diberi pembekalan dan bimbingan teknis pasca dikukuhkan nanti. Setelah itu, baru dilepas ke lapangan.

“Kita harapkan para relawan demokrasi hasil perekrutan KPU Buteng dapat bekerja dengan baik dan maksimal untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya 17 April 2019,” kunci Nuariadin.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top