2020, Pemkot Baubau Berani Patok PAD Rp 100 Miliar – Buton Pos
Metro Baubau

2020, Pemkot Baubau Berani Patok PAD Rp 100 Miliar

Roni Muchtar

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau merasa optimis Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan melambung tinggi pada 2020 mendatang. Estimasi kenaikan salah satu sumber pendapatan daerah ini diprediksi mencapai Rp 30 miliar dari tahun sebelumnya.

Hal ini dinyatakan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sekaligus Sekretaris Kota (Sekot) Baubau, Roni Muhtar, saat dikonfirmasi usai mengikuti rapat tertutup dengan DPRD Baubau membahas Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020. Dokumen KUA-PPAS ini merupakan cikal-bakal penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)

“Memang kita harus optimis ada peningkatan PAD di 2020. Kita berani mematok dari Rp 70 miliar lebih menjadi Rp 100 miliar,” ujar Roni Muhtar.

Pemkot punya alasan kuat sehingga berani memasang estimasi PAD Rp 100 miliar. Salah satu indikatornya adalah penerapan alat perekam pajak online di tempat-tempat usaha seperti hotel, rumah makan, tempat hiburan dan parkiran.

“Kita mengacu pada peningkatan penghasilan pungutan pajak restoran, hotel dan tempat hiburan. Ternyata dalam satu bulan terakhir ini luar biasa peningkatan persentase PAD,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Baubau, La Ode Aswad menambahkan, estimasi kenaikan target PAD tersebut juga berdampak pada peningkatan postur APBD. “Cuma berapa besarnya, nanti setelah ada kesepakatan (dengan DPRD),” tandas Aswad.(exa)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top