2030, Desa Galanti Menuju Desa Mandiri – Buton Pos
Ragam

2030, Desa Galanti Menuju Desa Mandiri

BUTONPOS.COM, DESA GALANTI – Meski baru berumur tujuh tahun setelah mekar dari Desa Kaumbu ternyata Desa Galanti yang berada di Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara punya angan menjadi Desa Mandiri pada tahun 2030.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Galanti, La Jamil dalam sambutannya saat membuka pelatihan sistem informasi desa dan pelatihan menjahit dan pelatihan pengacipan jambu mete di Kantor Desa Galanti lantai II, Sabtu (16/12/17).

“Desa Galanti merupakan salah satu Desa yang mekar pada tahun 2011, artinya bahwa desa ini baru berumur tujuh tahun, dengan demikian bila kita samakan dengan usia anak-anak berarti baru masuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Namun demikian kami punya tekad yang kuat seperti termuat dalam tema kegiatan hari ini adalah Desa Galanti akan menjadi Desa Mandiri pada tahun 2030,” ungkapnya.

La Jamil menjelaskan, Desa Mandiri berarti desanya sudah bisa berpenghasilan sendiri. “Artinya pada tahun tersebut Desa Galanti akan memiliki penghasilan desa sendiri,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan salah satu hal yang harus dilakukan agar tujuan itu tercapai yakni mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, pelayanan prima dan masyarakat yang kreatif, inovatif dan berdaya saing.

Dalam hal mempersiapkan sumber daya ini, maka dibutuhkan pelatihan-pelatihan pemberdayaan yang melibatkan warga. Seperti pelatihan sistem informasi, pelatihan menjahit dan lain sebagainya yang berorientasi pada peningkatan ekonomi warga.

Pada sistem informasi desa, Pemdes menginginkan data pedesaan, baik demografi, geografi, sosial, ekonomi maupun budaya sudah bisa diakses melalui offline ataupun online.

La Jamil juga menjelaskan pelatihan menjahit dan pengacipan Jambu Mete merupakan cara menjadi masyarakat kreatif, inovatif dan berdaya saing.

Disebutkannya melalui pelatihan bisa menjadi awal untuk membentuk usaha mikro guna meningkatkan pertumbuhan Ekonomi masyarakat.

Tak berhenti disitu saja, Pemdes Galanti juga memiliki rencana di tahun 2019 akan menerapkan sistem E-Budgeting untuk keterbukaan dan aksesbiltas data dalam pengelolaan Anggaran Desa baik Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa.(Po1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top