Butonpos
Ragam

BNNK, Polres dan Syahbandar melakukan pemeriksaan urine di kapal fery

Urine Sopir dan Awak Kapal Dites

BUTONPOS.COM, RAHA – Badan Narkotita Nasional Kabupaten (BNNK) Muna bersama Polres dan Syahbandar, kemarin melakukan pemeriksaan urin terhadap para sopir dan awak kapal di Pelabuhan Nusantara Raha. Ada sekitar 40 orang yang diperiksa yakni,  19 sopir angkutan luar kota, 10 awak kapal malam dan 11 awak kapal fery. ” Dari hasil pemeriksaan, semuanya negatif,” kata La Hasariy, Kepala BNNK Muna.

Pemeriksaan urine itu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba dari kalangan sopir dan awak kapal dalam menghadapi arus mudik. Karena, bilamana mereka positif sebagai pengguna bisa membahayakan para pemudik. “Itu yang kami cegah. Kalau ada ditemukan, kita akan lakukan rehab dan tidak perbolehkan untuk mengemudi atau menjalankan kapal,” ungkapnya.

Wakapolres Muna, Kompol Yusuf Mars mengapresiasi pemeriksaan urine yang dilakukan BNNK. Ia berharap, pengecekan urin ini rutin dilaksanakan setiap hari guna mencegah peredaran dan penyalahgunaan barang haram tersebut. “Kegiatan ini penting karena kalau ada yang positif menggunakan narkoba bisa berakibat fatal bagi pemudik,” ujarnya.

Senada juga diungkapkan Kepala UPP Syahbandar, Zainuddin. Katanya, dalam dunia pelayaran, awak kapal tidak dibolehkan menggunakan narkoba. Bagi yang kedapatan, tuntunya ada sanski tegas. “Kalau ada yang terbukti, langsung dipecat,” tegasnya. (cr1)

BERITA POPULER

To Top