Akhirnya, Bangunan Baru Pasar Wameo Diresmikan – Butonpos
Ekobis

Akhirnya, Bangunan Baru Pasar Wameo Diresmikan

bangunan pasar wameo yang baru saja diresmikan

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Setelah sekian lama dinantikan oleh pedagang Pasar Wameo, akhirnya Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin meresmikan salah satu bangunan baru Pasar Wameo yang di helat dilapangan parkir Rusunawa, Selasa, (25/7/2017).

AS Tamrin dalam sambutannya mengingatkan agar kios yang baru diresmikan benar-benar diperuntukan kepada pedagang serta tidak diperuntukan kepada pegawai negeri sipil.

“Saya sampaikan kepada kepala dinas untuk kios baru ini tidak diperuntukan kepada pegawai, yang berhak memiliki kios ini. Saya sudah menyampaikan sejak dibangunnya pasar, saya sudah sampaikan baik kepada kadis maupun stafnya bahwa pasar itu dibikin untuk pedagang,” tegas Tamrin.

Wali Kota Baubau juga menyampaikan agar 200 kios tersebut benar-benar di miliki oleh pedagang.

“Saya tidak mau ada namanya pedagang, tetapi tiba-tiba berubah nama kepemilikan dan disewakan. Jangan karena dia keluarganya walikota dapat sedangkan yang benar pedagang tidak dapat,” jelasnya.

Sementara itu Kadisperindag Kota Baubau, Radjlun mengatakan bahwa pemerintah daerah dan pemerintah pusat saat ini sedang berupaya memikirkan pasar yang sehat dan bersih tentu dalam menuju kearah itu diperlukan beberapa upaya revitalisasi.

“Dalam kepemimpinan Tampil Mesra, pasar yang ada di Kota Baubau yang telah direhab antara lain Pasar Lakologou, Karya Baru, Lowu-Lowu dan Pasar Wameo,” Radjlun.

Khusus Pasar Wameo, lanjut Radjlun, sudah dua kali direnovasi dan di revitalisas. Pertama pada tahun 2014 yang dapat menampung 336 pedagang, dan untuk peresmian kali ini jumlah kios yang diresmikan sebanyak 200 kios.

“Pada tahun 2016 yang saat sedang diresmikan ini dapat menampung 200 pedagang,” katanya.

Radjlun mengatakan dana yang digunakan untuk membangun pasar tersebut berasal dari APBN. Los Pasar ini dibangun tiga tahap. Tahap pertama terdiri dari 336 los TA 2014, tahap kedua 200 los TA 2016, dan tahap ketiga direncanakan akan dibangun 150 los dalam waktu dekat.

“Untuk tahap ketiga akan dikhususkan untuk para pedagang daging sapi dan daging ayam, sedangkan untuk lahan parkir itu akan disinkronisasikan,” tutupnya. (po3)

BERITA POPULER

To Top