249 Warga Binaan Lapas Diusul Dapat Remisi – Butonpos
Metro Baubau

249 Warga Binaan Lapas Diusul Dapat Remisi

lapas baubau

BUTONPOS.COM BAUBAU – Sebanyak 249 warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Baubau, Sulawesi Tenggara diusulkan untuk mendapat remisi di hari kemerdekaan 17 Agustus ini.

Fredy, Kasubsi Registrasi Lapas Baubau saat ditemui diruang kerjanya, Sabtu (12/8/2017), menerangkan bahwa narapidana yang mendapatkan usulan remisi umum (RU) satu berjumlah 249, namun yang remisi umum (RU) dua berjumlah delapan orang, salah satunya narapidana narkotika bisa bebas pada 17 Agustus mendatang.

“Yang kami usulkan RU satu pidana biasa itu adalah 249 orang sedangkan remisi untuk RU dua berjumlah yang pidana umum itu tujuh orang ditambah satu TP 99 satu orang yang terkait kasus narkoba yang seharusnya bebas pada tanggal 17 Agustus namun karena denda belum dibayar maka belum dapat dibebaskan pada tanggal 17 Agustus itu,” terang Fredy.

Sementara untuk kasus tindak pidana korupsi, Fredy mengatakan tidak mendapatkan remisi.

“Sebelas narapidana korupsi tidak mendapatkan remisi,” terangnya kembali.

Fredy menerangkan narapidana yang mendapatkan remisi umum dua akan bebas pada tanggal 17 Agustus nanti.

“RU satu yakni remisi umum yang diusul untuk mendapatkan tetapi belum bisa bebas pada tanggal 17 Agustus nanti, sedangkan RU dua, remisi umum dua yang diusulkan untuk mendapatkan remisi. Dan mendapatkan remisi dan dia akan bebas pada tanggal 17,” jelasnya.

Fredy menerangkan bahwa remisi 17 Agustus, minimalnya narapidana akan mendapatkan pengurangan masa hukuman satu bulan.

“Ketika mendapatkan remisi 17 yakni minimal satu bulan maksimal remisi 17 enam bulan,” katanya.

Fredy menjelaskan, salah satu syarat agar narapidana bisa mendapatkan remisi adalah harus berkelakuan baik serta telah menjalani masa tahanan selama enam bulan sejak mendapat putusan dari pengadilan.

“sejak ia mulai diputus (pengadilan) dan menjalani status narapidana hingga pada tanggal 17 Agustus, sudah terhitung enam bulan. Itu bisa diusul remisi ditahun pertama. Dan mendapatkan remisi satu bulan,” tutupnya. (Po3)

Click to comment

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />

Copyright © 2016 Butonpos

To Top