KPU Baubau Buka Pendaftaran PPK dan PPS – Buton Pos
Metro Baubau

KPU Baubau Buka Pendaftaran PPK dan PPS

mamnun la idu

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Mulai hari ini Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau akan mulai membuka perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Suara (PPS).

Salah satu komisioner KPU Baubau, Mamnun La Idu saat ditemui di rumah pintar Pemilu, Kamis (12/10/2017) mengatakan pendaftaran PPK dimulai dari tanggal 12 Oktober.

“Tanggal 12 hingga tanggal 16, dan esok sudah mulai pengambilan berkas sekaligus pendaftaran kemudian juga termasuk penyerahan dokumen pendaftaran. Sementara 13-19 terkait pendaftaran PPS, paska itu kita akan melakukan langkah selanjutnya yakni penelitian administrasi, setelah administrasi kemudian kita akan umumkan siapa-siapa yang akan lolos proses administrasi,” kata Mamnun.

Mamnun menerangkan, ada beberapa syarat yang tak dibolehkan mengikuti seleksi PPK. Diantaranya dua kali pernah menjadi penyelenggara Pemilu.

“Tidak pernah menjadi penyelenggara sebanyak dua kali dalam pemilihan di periode 2005-2009 dan periode 2010-2014 pada jabatan yang sama, tidak penah menjadi pengurus partai politik dan semuanya itu tertuang dalam surat pernyataan,” jelas Mamnun.

Lanjut Mamnun, merujuk pada regulasi baru Undang-Undang no 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum masing- masing kecamatan akan diterima sebanyak lima orang untuk menjadi PPK.

“Jadi kita akan merekrut jumlah PPK di delapan kecamatan ini masing-masing lima orang per kecamatan jadi jumlahnya sekitar 40 orang. Kalau PPS itu kita akan rekrut sebanyak tiga orang per kelurahan,” ujar Mamnun. (po3)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!