29 SMP di Busel Ditargetkan Gelar UNBK Tahun Ini – Buton Pos
Suara Buton Selatan

29 SMP di Busel Ditargetkan Gelar UNBK Tahun Ini

BUTONPOS.COM, BUTON SELATAN – Setelah empat SMP sukses menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 lalu, Dinas Pendidikan Busel menargetkan 29 atau seluruh SMP di Busel serentak bisa menggelar UNBK tahun 2019 ini.

Dinas Pendidikan Busel sebagai instansi teknis yang memiliki kewenangan soal pendidikan memberikan jaminan pelaksanaan UNBK sistem online digelar secara serentak.

Kadis Pendidikan Busel, Drs La Makiki MPd mengaku saat ini persiapan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan UNBK sementara dipersiapkan di seluruh sekolah di Busel. Pihaknya juga berupaya memaksimalkan pelaksanaan UNBK berjalan sukses.

“Kita harus biasakan. Kedepan juga kita rencanakan untuk UNBK SD akan digelar, mengingat pendidikan saat ini sudah berbasis teknologi informatika. Apalagi tes CPNS maupun lamaran pekerjaan lain sudah berbasis komputer, makanya sejak saat ini kita siapkan generasi kita untuk berkompetisi,” ujarnya kepada media ini ditemui di kantornya pekan awal kemarin.

Ia menjelaskan, saat ini yang sementara dipersiapkan adalah infrastruktur jaringan dan komputer. Untuk beberapa sekolah saat ini tengah melakukan pengadaan dan penambahan fasilitas laptop atau komputer untuk sarana pelaksanaan UNBK.

Untuk jaringan internet sementara dibangun jaringan tower Internet di Kecamatan Siompu, Siompu Barat dan Kadatua. Sedangkan di wilayah Sampolawa dan Lapandewa sudah membaik kualitas jaringannya, begitupun di ibu kota Busel, Batauga. Minus Batuatas yang masih terkendala. Namun pihaknya masih mengupayakan bantuan internet dari pemerintah pusat.

Mantan Kepala Balitbang Busel ini menambahkan, pembangunan suatu daerah itu bukan hanya dari sisi infrastruktur saja. Namun peningkatan pembangunan kualitas SDM itu juga merupakan bagian pembangunan yang menjadi skala prioritas untuk dimaksimalkan dan digenjot.

Lebih lanjut dia, pembangunan kualitas pendidikan di Busel kedepan menjadi tanggung jawab untuk ditingkatan kualitasnya. Karena itu, ia membutuhkan kerja sama semua elemen masyarakat khususnya para generasi untuk terus giat belajar dan mengasah diri. (aga)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top