32.312 Siswa SMA dan SMK Siap Ikut UNBK – Buton Pos
Suara Sultra

32.312 Siswa SMA dan SMK Siap Ikut UNBK

BUTONPOS.COM, KENDARI – Sebanyak 32.312 siswa SMA dan SMK se-Sultra siap mengikuti ujian nasional berbasis kompetensi (UNBK) tahun 2019 ini. Demikian diungkapkan Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Asrun Lio.

Dijelaskan Asrun, 32.312 siswa itu tersebar di 149 SMK dan 330 SMA. Untuk data sekolah yang siap mengikuti UNBK, SMK 149 atau 100 persen, SMA 330 atau baru sekitar 81 persen dari jumlah SMA di Sultra.

“Dari jumlah keseluruhan sekolah yang ada di Sulawesi Tenggara, untuk SMK terdapat 149 sekolah dan SMA 330 sekolah. Dan jumlah peserta sebanyak 32.312 orang peserta yang akan melaksanakan UNBK. Namun untuk sekolah yang belum lengkap persyaratan, nantinya kita akan disiasati nantinya di lapangan saat menjelang hari H,” jelasnya.

Asrun menuturkan, saat ini pihaknya masih mengusahakan langkah kongkrit untuk mensiasati dalam rangka pelaksanaan UNBK nantinya. Sehingga saat pelaksanaan ujian nanti semua siswa dan sekolah tidak lagi kesulitan atau kendala yang dihadapi.

“UNBK ini sebenarnya bukan salah satu syarat penentu kelulusan, namun ini hanya sekedar pemetaan uji kopetensi siswa yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga setiap siswa tidak perlu takut dengan adanya UNBK ini, karena yang menentukan kelulusan adalah proses belajar secara keseluruhan dari semester awal hingga semester akhir nantinya,” bebernya.

Mengenai pengawasan pada saat ujian, Asrun mengatakan bahwa beberapa waktu yang lalu pihaknya telah mengundang beberapa tim pengawas di provinsi untuk melakukan koordinasi mengenai proses kerja pengawasan UNBK. Dimana nantinya akan dikembalikan di sekolahnya masing-masing serta akan dilakukan pengawasan silang bagi para pengawas ujian.

Perlu diketahui dari beberapa sekolah terdapat beberapa sekolah mengenai sarana dan prasarana serta komputerisasi belum mencukupi, dan jangkauan listrik yang masih jauh karena medan sekolah yang sangat sulit. Serta nantinya sekolah yang belum memiliki sarana dan kelengkapan komputerisasi serta aksesnya sangat jauh dengan listrik akan digabungkan dengan sekolah yang sudah dianggap mandiri untuk mensukseskan rangkaian kegiatan UNBK. (m1)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top