33 KK Warga Binaan KAT Terima Bansos Paket Sembako – Buton Pos
Suara Buton Selatan

33 KK Warga Binaan KAT Terima Bansos Paket Sembako

Team Dinsos Busel didampingi Kades Lapandewa Jaya menyerahkan Bansos paket sembako kepada perwakilan warga binaan program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT). FOTO Istimewa

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BUTON SELATAN–Untuk meringankan beban ekonomi masyarakat ditengah pandemik wabah corona dan jelang lebaran idul fitri 2020. Sebanyak 33 Kepala Keluarga (KK) warga binaan program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Desa Lapandewa Jaya, Kecamatan Lapandewa menerima bantuan sosial jaminan hidup selama tiga bulan dalam bentuk paket sembako, Selasa (19/5).

Kepala Seksi Kelembagaan Sosial Dinsos Busel Haryadi menjelaskan, pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional. Diharapkan menjadi upaya mengatasi keterpencilan dan membuka aksesbilitas, agar KAT mendapatkan pelayanan kesejahteraan sosial yang sama, berkeadilan, dan merata.

Kata dia, hal ini sebagaimana amanah Peraturan Presiden Nomor 186 tahun 2014 tentang pemberdayaan sosial terhadap KAT dalam pasal 11 huruf b pelaksanaan pemberdayaan dilaksanakan dalam bentuk, diagnose dan pemberian motivasi, pelatihan keterampilan, pendampingan, pemberian stimulan modal, peralatan usaha dan tempat usaha, peningkatan akses pemasaran hasil usaha. Supervisi dan advokasi sosial. Kegiatan keserasian sosial dan penataan lingkungan sosial.

Untuk mengimplementasikan Perpres tersebut lanjut Haryadi, pihak Kemensos RI telah mengucurkan dana tugas pembantuan pada Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan mulai tahun 2019. Dan dilanjutkan pemberdayaan KAT di tahun ke II tahun 2020 pembangunan fisik berupa mushola dan jaminan hidup.

“Sebanyak 33 KK warga binaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Desa Lapandewa Jaya menerima bantuan sosial jaminan hidup dari program pemberdayaan KAT selama tiga bulan dalam bentuk sembako di Kantor Desa Lapandewa Jaya, ” ujar Haryadi kepada media ini.

Ia menambahkan, selain itu pembinaan di tahun ke-II ini pihak Kemensos juga memberikan dana stimulan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kehidupan berkelanjutan yang dikelola secara kelompok senilai Rp.25.000.000. Duit tersebut ditransfer secara kepada rekening kelompok melalui Bank BNI’46 Kcp Batauga untuk usaha, dan UEP KAT Lapandewa Jaya.

Dana itu telah dicairkan dan dimanfaatkan untuk budidaya tanaman bawang merah. Program tersebut seluruh Indonesia hanya 60 kelompok termasuk didalamnya UEP KAT Lapandewa Jaya.

Terpisah, Kadis Sosial Buton Selatan H La Ode Taatlan menitip pesan kepada warga binaan KAT. Kiranya bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. Karena saat ini masih diperhadapkan dengan pandemi virus Karena. Yang tidak kelihatan wujudnya. “Sehingga bapak-ibu harus pandai-pandai mengatur kebutuhan didapur dan tetap selalu menjaga serta memastikan kebersihan dan kesehatan,” katanya.

Camat Lapandewa La Nilo didampingi tim Dinsos Busel menyampaikan sambutan usai menyerahkan paket Sembako jaminan hidup program warga binaan KAT

Camat Lapandewa La Nilo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak Kemensos R.I dan Dinsos Busel yang masih peduli hingga saat ini untuk membantu masyarakat yang tinggal di lokasi KAT Wucu, Desa Lapandewa Jaya. Yang kini memasuki masa pembinaan di tahun ke-II.

“Semoga warga kami masih menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah untuk mengejar keterbelakangan secara geografis, ” harapnya.

Bantuan Sosial tersebut diserahkan secara simbolis oleh Camat Lapandewa dimpingi Kades Lapandewa Jaya dan team dari Dinsos Busel.

Reporter : Noe



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top