332 Penduduk Buton Bakal Pemilu di Perantauan – Buton Pos
Suara Buton

332 Penduduk Buton Bakal Pemilu di Perantauan

BUTONPOS.COM, BUTON – Sebanyak 332 penduduk Kabupaten Buton diperkirakan bakal menyalurkan hak pilihnya di daerah perantauan masing-masing pada Pemilu 17 April 2019 mendatang. Sementara yang masuk sebanyak 278 orang.

“Yang pindah memilih keluar Buton untuk persiapan pleno DPTB dua hingga saat ini sebanyak 332 pemilih. Sedangkan yang masuk 278 orang,” kata Komisioner KPU Buton, Rahmatia, di kantornya, Senin (18/3).

Menurut Rahmatia, dalam pleno DPTB tahap satu lalu, penduduk yang keluar sebanyak 144 orang. Sedangkan yang keluar 106 orang.

Dijelaskan, sesuai PKPU 37 Pasal 36 ayat 3 terkait syarat DPTB, ada sembilan kategori yang harus dipenuhi. Di antaranya, bekerja saat memungutan suara, menjalani perwatan di puskemas atau rumah sakit termasuk pendampingnya, penyandang disabilitas di panti sosial, tersandung kasus narkoba, bencana alam, bekerja di luar domisili, hingga tugas belajar di luar daerah.

Adapun batas pindah memilih pada Pemilu 2019 ini, yakni 17 Maret 2019. Lewat dari itu sudah tidak bisa lagi mengurus pindah memilih. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap surat suara yang akan dicetak.

Sekedar informasi, pleno penetapan DPTB tahap dua tingkat KPU Buton akan dilakukan 19 Maret 2019 pukul 16.00 Wita. Sementara tingkat PPS sudah dilakukan kemarin, PPK hari ini dan harus selesai sebelum Komisioner KPU Buton menggelar pleno. (man)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top