37 TPS di Sultra PSU, Dua Diantaranya di Busel – Buton Pos
Suara Buton Selatan

37 TPS di Sultra PSU, Dua Diantaranya di Busel

BUTONPOS.COM, BUTON SELATAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 37 TPS di Sulawesi Tenggara. Jumlah itu tersebar di sejumlah kabupaten/kota, yakni 14 TPS di Kota Baubau, dua di Buton Selatan, sembilan di Kolaka, empat di Kota Kendari, dua di Bombana, dua di Kolaka Utara, dan masing-masing satu TPS di Konawe Kepulauan, Konawe Utara dan Kolaka Timur.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu menjelaskan, penyebab PSU antara lain karena beberapa kesalahan teknis dari penyelenggara. Seperti adanya pemilih dari luar Sultra yang melaksanakan pencoblosan tanpa membawa formulir pindah memilih (A5). Diantaranya ada juga pemilih yang menggunakan C6 milik orang lain.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Busel, Mahyudin mengaku, pihaknya merekomendasikan dua TPS di Kecamatan Batuatas untuk menggelar PSU, yakni TPS 6 Desa Batuatas Timur dan TPS 1 Desa Tolando Jaya.

“PSU di dua TPS di Batuatas. Desa Batuatas Timur TPS 6 dan Desa Tolando Jaya TPS 1,” tulis Ketua Bawaslu Busel, Mahyudin melalui pesan WhattsAppnya kepada media ini, kemarin malam.

Penyebab PSU kata dia, pemilih yang mempunyai KTP-El di luar Kecamatan Batuatas memilih di Batuatas tanpa menggunakan surat A5 (pindah memilih) dari KPU.

Terpisah, Ketua KPU Buton Selatan, Ari Azhari Apriadi mengaku untuk TPS 6 Desa Batuatas Timur dengan jumlah DPT 224 sudah termasuk dengan dua persen penambahan. Sedangkan di TPS 1 Desa Tolando Jaya Kecamatan Batuatas dengan DPT 242 jiwa.

Ia menjelaskan untuk di TPS 1 Desa Tolando direkomendasikan Bawaslu menggelar PSU untuk satu jenis pemilihan calon presiden dan wakil presiden. Sedangkan di TPS 6 Batuatas Timur lima jenis pemilihan.

Ari mengakui, sesuai ketentuan, paling lambat pelaksanaan PSU ini 27 April ini atau 10 hari pasca pemilu serentak 2019 lalu. Saat ini pihaknya sementara melakukan persiapan penjadwalan. “Secepatnya akan digelar PSU sebelum 27 April 2019,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk pleno tingkat kecamatan di Kabupaten Busel rata-rata akan digelar hari ini (Sabtu) dan Minggu. Sedangkan khusus di Kecamatan Batuatas tetap digelar pleno tingkat kecamatan Sabtu ini. “Tapi kami menghimbau sebaiknya digelar besok (hari ini, red),” ujarnya ketika dikonfirmasi, Jumat (19/4) malam.

Dari data olahan berbagai sumber yang dihimpun media ini di Dapil tiga (Lapandewa-Batuatas) yang memiliki peluang suara terbanyak menduduki lima kursi di DPRD Busel dari dapil tersebut adalah La Muhadi, S.Pd (PKS) incumbent. Drs La Nihu (GOLKAR), La Hermanto (Nasdem), Aliadi SPd (HANURA) incumbent, Dodi Hasrin (PDIP). Namun dengan digelarnya PSU untuk lima jenis pemilihan di TPS 6 Batuatas Timur, sejumlah kemungkinan masih bisa terjadi. Pastinya untuk yang lolos akan diplenokan KPU dalam waktu dekat ini. (aga)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top