400 Orang CPNS Busel Lulus Nilai Ambang Batas – Buton Pos
Suara Buton Selatan

400 Orang CPNS Busel Lulus Nilai Ambang Batas

Usai ujian SKD peserta yang lulus passing grade mengikuti sesi foto bersama panitia. Foto Aga

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BATAUGA–Seleksi CPNS lingkup Pemkab Busel berakhir Kamis 20 Februari. Sebanyak 400 orang CPNS berhasil lulus dari nilai ambang batas atau passing grade pada tahapan Seleksi Komptensi Dasar (SKD) di Kabupaten Buton Selatan.

Jumlah itu dari total 1033 peserta ujian pada hari pertama Senin (17/2) hingga sesi terakhir pada hari terakhir Kamis (20/2) sekitar pukul 18.00 Wita.

Kepala badan kepegawaian dan sumber daya manusia (BKSDM) Busel, La Ode Firman Hamzah mengatakan selanjutnya para peserta akan bersiap-siap mengikuti tahap selanjutnya pada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dijadwalkan Maret mendatang.

“Insya Allah Maret dijadwalkan ujian CAT SKB. Nanti akan diumumkan lagi siapa-siapa yang lolos ke tahap SKB, “katanya ketika dikonfirmasi usai pelaksanaan ujian SKD, Kamis (20/2/2020 ).

Kata Firman dari 400 orang yang lulus passing grade ini kemudian akan disaring lagi untuk masing-masiing formasi jabatan yang dilamar sehingga bisa mengikuti SKB.

Dikatakannya,  dalam ketentuannya, apabila yang mencapai passing grade lebih dari satu maka maksimal yang bisa mengikuti SKB adalah tiga kali formasinya.

“Kalau formasinya satu paling tinggi tiga yang bisa ikut SKB. Kalau yang lulus passing grade lebih dari tiga orang maka yang ikut SKB hanya tiga yang bisa ikut yang tertinggi secara sistematis,” terang Firman.

Kata dia, peserta yang lulus passing grade pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) belum dapat dipastikan bisa ikut Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Jika dalam satu formasi jabatan yang lulus passing grade lebih dari tiga orang CPNS berdasarkan nilai tertinggi.

Secara keseluruhan yang diterima jumlah formasi yang diperebutkan sebanyak 57 kursi CPNS. Artinya ada sebanyak 171 orang yang mengikuti ujian ke tahap SKB dari 400 orang yang lulus passing grade.

Dari jumlah ini, total peserta berjumlah 1033 orang dengan rincian 990 yang hadir dan 43 tidak hadir. Sedangkan yang lulus ambang batas passing grade sebanyak 400 orang dan tidak lulus berjumlah 590 orang. Nilai tertinggi dari salah satu peserta CPNS yang lulus passing grade di Busel yakni total skor nilai 426.

Sesuai Permenpan-RB Nomor 24 Tahun 2019 nilai ambang batas untuk tes wawasan kebangsaan (TWK) 65 poin. Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 sedangkan nilai tes karakteristik pribadi (TKP) 126 poin. (aga)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top