66 Anggota Panwascam Bombana Diumumkan – Buton Pos
Suara Bombana

66 Anggota Panwascam Bombana Diumumkan

ASRUDDIN

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Sebanyak 66 peserta dinyatakan lulus seleksi dalam ajang perekrutan Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan (Panwascam) untuk wilayah Kabupaten Bombana.

Dari 250 peminat, sedikitnya terdapat 216 dinyatakan lulus seleksi secara tertulis untuk 22 kecamatan. Jumlah itu lalu dirampingkan menjadi 66 peserta terpilih, melalui tes wawancara. Panwascam dibentuk untuk mengawasi tahapan proses pemilihan Gubernur Sultra 2018, di tingkat Kecamatan di wilayah Kabupaten Bombana. Dibentuk beranggota 3 orang tiap kecamatan.

Saat dikonfirmasi, Komisioner Panwaslu Kabupaten Bombana, Asruddin mengatakan, pemilihan anggota Panwascam Bombana diseleksi secara super ketat. Cara itu sengaja ditempuh agar mereka yang terpilih benar-benar menjalankan Tupoksinya dengan jujur dan bertanggung jawab.

“Jika yang datang itu adalah deretan peminat yang baik tiap kecamatan, maka kami akan cari yang terbaik, diantara pendaftar itu,” pungkasnya.

Asruddin menegaskan, sedikitnya ada tiga perkara dominan yang dicermati dalam penyeleksian tersebut. Dintaranya, soal integritas, track record-nya, serta penguasaan atas Tupoksi Panwascam di lapangan.

“Banyak yang kami tekankan. Minimalnya itu soal integritas pendaftar, track recod-nya hingga pemahaman atas Tupoksi (tugas pokok dan fungsi, red) yang mereka masuki ini. Mereka harus matang, minimalnya miliki wawasan soal Pemilu,” tandasnya.

Asruddin juga menjelaskan, perihal integritras seseorang dianggap penting agar dalam menjalankan tugasnya nanti, diharapkan benar-benar konsisten, punya keteguhan yang tak tergoyahkan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

“Orang berintegritas itu biasanya memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat. Orang seperti itu yang kami dambahkan. Lalu kami cermati sejauh mana track recordnya, hingga seberapa jauh pemahaman atas Tupoksi yang mereka masuki ini,” tukasnya.

Asruddin mengucapkan selamat atas mereka yang terpilih dan berharap agar mampuh menjalankan tugasnya dengan amanah dan konstitusional. “Mereka yang terpilih itu nantinya akan kami Bintek (bimbingan teknis, red). Kami harapkan mereka bekerja secara profesional, mampu menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, paham aturan serta mampu menjaga martabat lembaga,” pintanya

Jika tidak ada aral melintang, meraka yang lulus seleksi tersebut, dijadwalkan akan dilantik pada 10 Oktober 2017 (Selasa besok, red). Usai pelantikan, akan disusul dengan agenda Bintek. “Mepetnya waktu, maka akan dirangkaikan jadwal pelantikan dengan Bintek. Sesudah itu, mereka lekas ke lapangan,” tandasnya. (dar)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!