900 Unit Bantuan Rumah Siap Digelontorkan ke Bombana – Butonpos
Suara Bombana

900 Unit Bantuan Rumah Siap Digelontorkan ke Bombana

siti saleha

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Pj Bupati Bombana, Sulawesi Tenggara, Hj Sitti Saleha mengatakan Bombana akan mendapat bantuan renovasi rumah yang tidak layak huni sebanyak 900 unit untuk wilayah Rumbia, Kabaena serta Poleang.

Bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) itu, kata Saleha, akan dikucurkan tahun ini melalui Direktorat Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan. Rencananya akan disalurkan melalui Program Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Dari program ini, masyarakat sebagai penerima manfaat akan mendapatkan bantuan berupa material bangunan rumah, yang dibiayai langsung oleh Kementrian PU Pera. Sementara besarannya, bervariatif atau disesuaikan dengan kondisi rumah yang akan dibantu.

“Yang jelas, penyaluran bantuan dalam bentuk bahan bangunan, untuk meningkatkan kualitas rumah atau pembangunan rumah baru diatas lahan milik masyarakat miskin. Memang ini diperuntukan bagi warga yang kurang mampu atau belum memiliki kemampuan dana untuk membangun rumah,” urai Saleha.

Kadis Disperindag Sultra ini menjelaskan, program ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat miskin yang memang benar-benar memerlukan bantuan perumahan. “Kedepan akan kami upayakan agar penyaluran bantuan ini merata di setiap Kecamatan,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan dan Tata Ruang Bombana, Armin Sarewo merincikan, 900 unit rumah yang akan diperbaiki Kementrian PU Pera tersebar di seluruh Bombana. Wilayah Poleang, tepatnya di Kecamatan Poleang Timur mendapat porsi terbesar. Di daerah itu, sebanyak 450 unit rumah warga akan dibedah melalui program BSPS Kementrian PU Pera.

Mantan Sekretaris DPRD Bombana ini menambahkan, 450 unit rumah yang akan diperbaiki di Poleang Timur tersebar di dua Kelurahan dan tiga Desa. Dari jumlah tersebut, 400 unit diantaranya masuk dalam program peningkatan kualitas, sementara 50 unit lainnya masuk dalam program pembangunan baru. “Anggaran perbaikan dan pembangunan 450 rumah ini masuk dalam DAK di APBD 2017 tahun ini,” ulas Armin.

Selain itu, ada juga pembangunan 245 unit melalui program APBN reguler. Pembangunan rumah ini dikelola Kantor satuan kerja non vertikal, Sultra.
Tidak hanya itu, Pemkab Bombana kembali mendapat bantuan serupa dari program strategis Kementrian PU Pera. Jumlahnya, sebanyak 72 unit dengan rincian masing-masing 15 unit akan dibangun di Kelurahan Sikeli dan Desa Baliara, serta 20 unit di Desa Baliara Kepuluan. Sementara sisanya sebanyak 22 unit akan disebar pembangunannya di Desa Anugerah 10 unit dan Desa Watu-Watu 12 unit.

Ditahun 2017 ini juga, Pemda Bombana mendapat lagi bantuan tambahan peningkatan kualitas rumah sebanyak 81 unit. Lokasi pembangunannya di Desa Tampabulu 42 unit dan Desa Toburi 39 unit. “Bantuan rumah yang didapat Pemda Bombana adalah perumahan khusus nelayan 2017 sebanyak 52 unit. Ini tersebar di desa Watu-Watu,” beber Armin Sarewo. (dar/exa)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top