99 Menit Sekda Wakatobi Jadi Pemred ButonPos. Simak Arahannya… – Butonpos
Metro Baubau

99 Menit Sekda Wakatobi Jadi Pemred ButonPos. Simak Arahannya…

ilyas abibu (tengah) didampingi dirut butonpos, ramli akhmad dan Irwansyah Amunu

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Untuk kedua kalinya, program 99 menit menjadi Pemimpin Redaksi (Pemred) ButonPos dilangsungkan di ruang rapat redaksi. Senin (17/7/17), giliran Sekda Wakatobi, Muh Ilyas Abibu yang mendapatkan kesempatan untuk memberikan arahan pemberitaan kepada tim redaksi ButonPos.

“Pertama-tama terimakasih atas kesempatannya, saya sengaja memang responsif terhadap undangan ButonPos menjadi Pemred 99 menit, karena ini merupakan hal yang menantang, saya harus mengetahui ruang lingkup media, kerja kerja wartawan dalam mengejar berita dan membuat berita,” ungkap Ilyas Abibu usai Irwansyah Amunu menyerahkan jabatan Pemred ke Sekda Wakatobi Baubau ini.

Sebagai Pemred, dihadapan redaktur dan wartawan, Ilyas Abibu menegaskan, perusahaan media harus lebih menekankan pada independensi pemberitaan dan keberimbangan berita yang dimuat. Sehingga, masyarakat sebagai pembaca yang mengonsumsi berita bisa memilah berita yang layak dibaca.

“Tentunya sebagai media, sebagai perantara , tentu posisi independensi harus
kita pegang teguh,” ungkap Pemred sehari ini.

Menurut Ilyas Abibu, dewasa ini, era perkembangan teknologi sudah tidak bisa dikesampingkan. Olehnya, sebagai media, tidak boleh ketinggalan untuk selalu menyesuaikan diri.

Selain itu, kalaupun sudah bisa mengikuti perkembangan, menurut Ilyas Abibu, media harus mampu mengimbangi kualitas SDM dalam hal ini wartawan sebagai ujung tombak pemberitaan.

“Saya banyak melihat wartawan kita dari sisi kualitas itu perlu di up grade, penajaman mengejar berita perlu ditingkatkan,” tuturnya.

Diakhir pemaparannya, Ilyas Abibu menekankan agar wartawan mampu menjaga kemitraannya dengan narasumber selama berada dilapangan. Seorang wartawan harus mampu menyesuaikan diri, mampu melihat situasi, mampu memposisikan diri saat akan mengejar suatu informasi ke narasumber. Hal ini sengaja diungkapkan Ilyas Abibu, mengingat tidak setiap waktu, semua narasumber selalu siap untuk diwawancara.

“Memelihara kemitraan itu harus dijaga, kita harus memperhatikan kepentingan narasumber kita, kita harus pandai-pandai melihat situasi dan kondisi narasumber,” tuturnya.

Sebelumnya, Dirut ButonPos, Drs Ramli Akhmad meminta kepada Muh Ilyas Abibu agar memberikan pengarahan secara independen, memberikan pengarahan dengan kacamata sebagai seorang Pemred.

“Pertama sengaja kami ingin bapak menilai secara obyektif tanpa ragu-ragu dan rasa sungkan untuk menilai apa kelebihan dan kekurangan untuk evaluasi kami ButonPos kedepan,” ucapnya. (rud)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top