Ada Kepala SMA di Baubau Tersangka Korupsi – Buton Pos
Hukum

Ada Kepala SMA di Baubau Tersangka Korupsi

ilustrasi

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Kepala SMA Negeri 5 Baubau, La Ode Hane (46) sedang berurusan dengan hukum. Dia ditetapkan sebagai tersangka korupsi pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) tahun 2013 dan 2014.

Selain itu, ada pula inisial As (48) selaku bendahara dana BOS SMA Negeri 5 Baubau yang juga diseret menjadi tersangka dalam kasus ini. Hane dan As ditetapkan tersangka rasuah oleh Sat Reskrim Polres Baubau.

Berdasarkan hasil audit, kerugian negara mencapai Rp 196.616.732. Berkas perkaranya kini sudah masuk di Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau alias sudah tahap satu sejak Selasa (30/1).

“Kemarin, penyidik Polres Baubau telah mengirimkan berkas perkara atau tahap I atas nama tersangka La Ode Hane dan bendaharanya. Ini sudah tahap I yang kedua kalinya, sebelumnya kami kembalikan untuk dilengkapi,” ungkap Kajari Baubau, Rasul Hamid melalui Kasi Intel, Ruslan, dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (31/1).

Tindak lanjut atas itu, kata dia, pihaknya akan melakukan penelitian berkas perkara selama 14 hari. Pihaknya akan memeriksa apakah petunjuk yang diberikan sebelumnya sudah dipenuhi penyidik.

“Kalau syarat formil dan materil sudah lengkap, kami nyatakan P21. Selanjutnya kami menunggu penyidik Polres Baubau mengirim tersangka dan barang bukti,” tandas Ruslan.

Sementara itu, La Ode Hane membenarkan dirinya tengah menjalani proses hukum dalam kasus dana BOS dan BOP 2013 dan 2014. “Kasus saya, sampaikan memang dalam proses,” ujar Hane dihubungi via seluler.

Dia merasa tidak menyalahgunakan dana yang dimaksud. Sebab, menurutnya dalam pengelolaan dana yang ditersangkakan itu sudah sesuai Petunjuk Tekhnis (Juknis).

“Menurut saya, kasus ini seperti dipaksakan. Karena ini sudah agak lama dan dulu Inspektorat juga tidak ada temuannya,” tukasnya.

Kendati begitu, dia menghormati dan siap menjalani proses hukum atas dirinya. Sementara apa yang menjadi proses, kita jalani saja,” pungkasnya. (exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top