ADD dan DD Capai Rp 100 Miliar – Buton Pos
Suara Wakatobi

ADD dan DD Capai Rp 100 Miliar

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Tahun ini anggaran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) untuk semua desa di Kabupaten Wakatobi mencapai angka Rp 100 miliar. Tahun ini DD dan ADD untuk 75 desa di Wakatobi tertinggi dibanding tahun sebelumnya.

Untuk DD tahun 2019 saja capai Rp 66 miliar. “ADD dan DD tahun 2019 ini sekitar Rp 100 miliar,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Juhaidin, Kamis (14/3).

Proses pencairan tahap I masih dilakukan. Targetnya pencarian tahap I tahun 2019 ini dituntaskan hingga April mendatang. “Iya diproses. Kita targetnya bulan April mendatang sudah cair tahap satu,” ungkap Juhaidin.

Menurut dia, alokasi anggaran sudah ada pagunya yang telah masuk dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Wakatobi pada setiap desa. Adapun pencairan ADD dan DD tahap I belum bisa dilakukan apabila pemerintah desa yang bersangkutan belum menuntaskan laporan pertanggung jawaban tahap III tahun 2018.

“Tahap selanjutnya penyusunan APBDes-nya. Dan itu semua ada mekanismenya,” jelas mantan Kepala Inspektorat Wakatobi ini.

Ia berharap realisasi ADD dan DD di desa lebih dimaksimalkan lagi. Tentu dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh adat hingga masyarakat setempat. (kp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top