Admin Sudah Input Pendaftaran CPNS Buteng, Pelamar Diminta Mulai Siapkan Dokumen – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Admin Sudah Input Pendaftaran CPNS Buteng, Pelamar Diminta Mulai Siapkan Dokumen

Samrin

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, LABUNGKARI – Admin Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) sudah bisa mengakses situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (sscasn.bkn.go.id) untuk melakukan penginputan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Buteng.

“Kita sudah lakukan penginputan syarat-syarat pendaftaran CPNS Buteng yang dikonekan kedalam aplikasi sscasn.bkn.go.id untuk bisa diakses pelamar saat melakukan pendaftaran secara online nantinya,” ungkap Kepala BKPSDM Kabupaten Buteng, Samrin, kepada media ini, Rabu (6/11/2019).

Hanya saja, untuk saat ini pihaknya belum membuka akses masuk pendaftaran CPNS Buteng tersebut karena harus menunggu kepastian pendaftaran dibuka. “Informasi sementara dibuka 11 November 2019. Tergantung pusat, dia buka atau tidak pada tanggal tersebut. Kita di daerah yang sudah siap tinggal mengikut saja untuk mengkonekan pendafatarannya,” jelas Samrin.

Kendati pendaftarannya belum pasti, pihaknya meminta kepada para pelamar CPNS Buteng untuk mempersiapkan berkas pendaftarannya berdasarkan syarat yang diminta, diantaranya hasil pindai atau scan KTP-el asli, foto, swafoto terbaru, ijazah, transkrip nilai asli, dan sejumlah persyaratan lainnya.

“Syarat umum pendaftaran akan kami umumkan sebelum 11 November melalui media sosial resmi BKPSDM Buteng seperti Whatsapp, facebook, maupun twitter. Kemungkinan tanggal 8 atau 9 November sudah kita umumkan,” jelasnya.

Pendaftaran secara online ini dibuka sampai dua minggu. Setelah itu, pelamar mengantarkan berkas atau dokumen fisiknya di Kantor BKPSDM Buteng sesuai dokumen yang dimasukan pada saat pendaftaran online sebelumnya. Setelah itu diumumkan siapa saja yang lolos berkas atau seleksi administrasi untuk ikut ujian Computer Assisted Test (CAT).

Bila tahun lalu tempat pelaksanaan ujian Computer Assisted Test (CAT) dipusatkan di Kota Baubau, maka tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Buteng sendiri. “Ini kita lakukan untuk memberikan dampak perputaran ekonomi di Kabupaten Buteng. Bayangkan bila ada tujuh ribu pendaftar, tiga sampai tujuh hari tinggal di Buteng kemudian satu kali makan Rp 30 ribu, kira-kira berapa banyak uang yang beredar di Buteng,” paparnya.

Terkait kesiapan komputer, Pemkab Buteng bisa meminjam komputer di masing-masing dinas atau menyewa komputer sekolah-sekolah. Kalau setiap dinas siap lima unit komputer, sudah bisa terkumpul 150 unit dari 30 dinas yang ada di Buteng. Belum lagi sekolah-sekolah. Sementara standar yang disiapkan untuk ujian CAT sebanyak 200 unit, karena ujiannya dilaksankan dua sampai tiga kali shift per hari.

“Kalau masalah jaringan kita pakai jaringan Local Areal Network (LAN) yang tidak terhubung dengan internet. Kita tidak akan pakai jaringan online, jadi tidak ada masalah. Tinggal kendala listrik saja, jangan sampai mati pada saat ujian. Tapi itu bisa kita atasi dengan menyiapkan Genset. Pemkab Buteng punya Genset sendiri,” pungkas Samrin.

Untuk diketahui, pada penerimaan CPNS 2019 ini, Kabupaten Buteng diberi kuota sebanyak 187. Jumlah itu kemudian diformasi dalam tiga kualifikasi, yakni tenaga pendidikan (guru) sebanyak 129 orang, tenaga kesehatan 39 orang, dan tenaga teknis 19 orang.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top