Akil Mochtar Batal Bersaksi di Sidang Bupati Buton – Butonpos
Metro Baubau

Akil Mochtar Batal Bersaksi di Sidang Bupati Buton

suasana sidang bupati buton samsu umar abdul samiun

BUTONPOS.COM, JAKARTA – Mantan hakim Mahkamah Konstitusi RI, Akil Mochtar batal hadir dalam perisdangan Bupati Buton non aktif Samsu Umar Abdul Samiun, Senin (19/6).

Sidang yang mengagendakan mendengar keterangan saksi-saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) itu menghadirkan lima saksi, yakni Hamdan Zulfa, Kasiano Sidahoru, Saiful Anwar, Ina Zuchria dan Akil Mochtar.  Sidang yang berlangsung di ruang sidang Wirjono Prodjodikoro 1 itu dipimpin Ketua Majelis Hakim Ibnu Basuki Widodo.

Namun, pada sidang tersebut, Akil Mochtar tidak hadir untuk memberikan kesaksiannya. Sementara itu, mantan hakim MK Hamdan ZUlfa dalam keterangannya menjelaskan, keputusan Penghitungan SUara Ulang (PSU) Pilkada Buton diputuskan berdasarkan pleno oleh sembilan hakim.

“Putusan PSU hasil Pilkada Buton itu sesuai dengan hasil pleno yang dihadiri oleh sembilan hakim,” kata Hamdan Zulfa dalam kesaksiannya saat ditanya oleh anggota JPU.

Lanjut Hamdan, slain dilakukan pleno, hakim MK juga bisa melakukan foting yang berdasarkan hasil musyawara dalam panel hakim. “Untuk masalah foting itu sudah biasa di MK. Dan dalam kasus ini saya dipanelkan dengan pak Akil Mochtar,” lanjutnya.

Saat disinggung soal kunjungan Akil ke Kabupaten Buton untuk memantau langsung PSU Pilkada Buton, Hamdan Zulfa akui tidak mengetahui jika itu berdasarkan perintah dari pimpinan MK. “Menurut pak Akil, dia disuruh oleh pimpinan untuk memantau langsung ke Buton, tapi saya tidak mengetahui kebenarannya,” jelas Hamdan.

Bersamaan dengan itu, Kasiano Sidahoru mengakui, jika kunjungan Akil Mochtar ke Buton itu berdasarkan perintah dari ketua MK. Selain Akil Mochtar, ada juga dua panitera yang ditugaskan untuk mendampingi Akil Mochtar untuk memantau PSU di Kabupaten Buton.

“Saya tau pak Akil Mochtar ke Buton untuk pantau PSU, dan itu perintah langsung dari pimpinan. Pak Akil didampingi oleh dua panitera MK yakni Kholidin Nasir dan Hani Athani. Dua panitera ini mengganti Saiful Anwar dan Ina Zuchria yang tidak hadir,” akuinya. (Hrm/Fajar)

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />
Enter ad code here

Copyright © 2016 Butonpos

To Top