Amirul Prediksi Gerbang Islami, Jadi Promosi Termurah Buteng Dikenal Dunia – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Amirul Prediksi Gerbang Islami, Jadi Promosi Termurah Buteng Dikenal Dunia

JALAN BARU: Anggota DPR RI Amirul Tamim, didampingi Bupati Buteng Samahuddin dan Sekab La Ode Hasimin, meninjau pembukaan jalan baru Wadiabero menuju Labungkari, kemarin.

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI- Sewaktu menjadi Walikota Baubau, Amirul Tamim dikenal sebagai salah satu kepala daerah yang visioner dalam hal pembangunan. Dalam meletakan dasar pembangunan, ia sudah memprediksi dampak dan asas manfaatnya 10 sampai 20 tahun kedepan bagi masyarakat dan daerah itu sendiri.

Tengok saja Kantor Walikota Baubau yang dibangun di Palagimata, dimana saat itu masih merupakan hutan dan pegunungan yang jauh dari pusat kota. 15 tahun kemudian (Saat ini, red), telah berdiri perumahan BTN dan rumah-rumah mewah sepanjang jalan menuju perkantoran tersebut.

Kini disadari, maksud dari semua itu untuk memperluas wilyah perumahan dan aktivitas masyarakat agar tidak hanya terfokus di Kelurahan Wale atau Kecamatan Wolio saja. Di beberapa kecamatan terluar, dibangun berbagai fasilitas publik untuk merangsang pertumbuhan dan kegiatan masyarakat.

Tengok pula, pembangunan Pantai Kamali yang awalnya merupakan kawasan kumuh tempat bangkai-bangkai kapal ditambatkan. Kawasan itu lalu ditimbun dan dibuatkan berbagai sarana rekreasi dan kawasan bermain anak-anak dengan fasilitas pendukungnya di sore hari hingga malam hari. Lengkap dengan patung naganya yang menjadi salah satu icon Kota Baubau.

Kawasan itu kemudian menjadi poros baru perputaran ekonomi Kota Baubau di sore hari hingga tengah malam. Pasalnya, masyarakat memanfaatkan pusat rekreasi baru tersebut dengan menjual berbagai souvenir, jajanan, dan berbagai dagangan lainnya.

Dalam rencana membangun Pantai Kamali itu, Amirul menyadari jika kebutuhan pokok manusia bukan hanya sandang, papan, dan pangan saja. Apalagi masyarakat perkotaan yang disibukan dengan segala aktivitas perkantoran maupun aktivitas usaha lainnya, pasti membutuhkan rekreasi sebagai tambahan dari kebutuhan pokok manusia tersebut.

Maka bisa ditengok, selain Pantai kamali dibangunlah tempat-tempat rekreasi dalam kota dan ruang-ruang publik lainnya seperti Bukit Wantiro maupun Kota Mara. Itulah sedikit dari sekian banyak pemikiran-pemikiran visioner seorang Amirul Tamim.

Nah, bagaiamana prediksi anggota DPR RI itu terhadap sebuah icon dan identitas Kabupaten Buteng melalui gerbang islaminya yang sementara ini dibangun di Desa One Waara, tak jauh dari Pelabuhan Wamengkoli?

Amirul yang datang berkunjung ke Buteng, didampingi Bupati Samahuddin, Sekab La Ode Hasimin, beberapa Kepala OPD, Kapolsek Gu AKP Suriyadin, dan Kapolsek Lakudo AKP Abdul Halim Kaonga, Minggu (7/10), memberikan prediksi ketika gerbang islami Buteng sudah jadi dan tuntas dibangun.

“Kalau pintu gerbang islaminya sudah jadi seperti yang terlihat dalam video itu, sebagai identitas dan wajah Kabupaten Buteng ketika orang-orang masuk ke daerah ini, pasti Buteng akan dikenal cepat oleh dunia luar,” imbuhnya.

Menurutnya, pembangunan pintu gerbang islami ini merupakan suatu gagasan dan ide cemerlang dari seorang pimpinan daerah untuk memberikan kesan positif kepada orang luar ketika memasuki Kabupaten Buteng.

“Saya lihat, Bupati Samahuddin ini pandai sekali membaca dinamika manusia sekarang dan kedepannya. Bupati menyadari kalau setiap orang saat ini yang jalan tidak memakai handphone android yang ada kameranya bisa foto dan selfie. Ketika orang masuk ke Buteng, pertama yang dilakukannya pasti akan berfoto dan selfie di pintu gerbang,” tuturnya.

Peluang dan dinamika inilah yang mampu ditangkap bupati untuk mempromosikan Buteng selain potensi pariwisata dan lainnya. “Membangun dengan mahal, tapi menjualnya nanti dengan murah melalui siapapun yang datang selfie di puntu gerbang kemudian mempostingnya diberbagai akun media sosialnya. Padahal, yang namanya mempromosikan daerah itu dimana-mana serba mahal,” tandasnya.

Amirul berharap Pemkab Buteng bisa menjadikan daerahnya sebagai penyanggah yang bisa menangkap kejenuhan di Kota Baubau. “Ini harus direspon semua masyarakat Buteng untuk mendukung pembangunan yang dilakukan Pemkab Buteng saat ini,” harapnya.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top