Anggaran Akreditasi RSUD Buton Rp 200 Juta – Buton Pos
Suara Buton

Anggaran Akreditasi RSUD Buton Rp 200 Juta

BUTONPOS.COM, BUTON – Untuk dapat terus berkerja sama dengan BPJS Kesehatan, mulai Juni 2019 setiap layanan kesehatan wajib terakreditasi. Menindaklanjuti Peraturan Menteri Kesehatan (Kemenkes) ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton menyiapkan anggaran Rp 200 juta untuk mendukung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton agar dapat memperoleh sertifikat akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

“Kita sudah siapkan anggaran dari APBD 2019 untuk rumah sakit sekitar 200 juta. Hal kita lakukan supaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat semakin meningkat,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Buton, Ahmad Mulia, ketika dikonfirmasi, kemarin.

Sebagaimana hasil rapat terakhir bersama tim akreditasi, lanjutnya, masih ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi. Diantaranya izin lingkungan, izin alat pembakaran hasil limbah, pelayanan, dan sebagainya yang berkaitan dengan RSUD Buton.

“Khusus izin lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup siap membantu. Mudah-mudahan dengan anggaran yang belum maksimal, akreditasi rumah sakit kita bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur RSUD Buton, dr Ramli Code mengatakan, untuk menuju akreditasi tahun 2019, rumah sakit membutuhkan anggaran sekitar Rp 5 miliar. Kebutuhan ini untuk membiayai infrastruktur yang akan diubah sesuai standar, termasuk dengan izin lingkungan yang paling utama.

Ditegaskan, jika tahun ini RSUD Buton belum juga dapat diakreditasi, maka kerja sama dengan BPJS kesehatan akan dihentikan. Dengan demikian maka BPJS masyarakat yang datang berobat tidak dapat digunakan. Untuk mendapat pelayanan masyarakat harus bayar sebagaimana pelayanan umum lainnya. (man)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top