Anggaran Pengamanan Satpol PP Buton Disunat – Butonpos
Suara Buton

Anggaran Pengamanan Satpol PP Buton Disunat

la madi

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Anggaran pengamanan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Buton dalam Festival Budaya Tua Buton ke-5 lalu diduga disunat. Kadang dari setiap anggota tinggal menerima Rp 150 ribu dari yang seharusnya Rp 1 juta.

Di salah satu tempat di Pasarwajo, sejumlah anggota Satpol PP mengaku menerima imbalan pengamanan tersebut, Jumat (6/10). Tapi ironisnya, dalam daftar penerimaan yang mereka tanda tangani tertulis jelas Rp 1 juta per orang, sementara yang diberikan hanya Rp 150 ribu.

“Kita tanda tangan 1 juta, tapi hanya diberikan 150 ribu saja. Kita bingung juga ini apa alasannya,” ungkap salah seorang anggota Satpol PP yang enggan identitasnya dikorankan, kemarin.

Bukan hanya anggota berstatus PTT, bahkan PNS yang turut melakukan pengamananpun dipotong haknya. Dari Rp 1 juta 250 ribu (1.250.000) yang ditandatangani, tinggal Rp 500 ribu yang diterima.

“Saya juga tanda tangan 1 juta 250 ribu, tapi dikasih hanya 500 ribu,” tambah anggota Satpol PP lain yang berstatus PNS.

Kemudian lebih bingungnya lagi mereka, Kasat dan para Kabid menerima full. Padahal sama-sama capek di lapangan. “Pimpinan dan kepala bidang, bos-bos ini tidak ada potongan. Mereka murni terima full,” katanya.

Kasat Pol PP Kabupaten Buton La Madi ketika dikonfirmasi membantah dugaan sunat anggaran pengamanan tersebut.

Diceritakan, anggaran pengamanan diterimakan diwakilkan kepada beberapa orang dalam satu regu. Sebelum bertanda tangan dalam surat pertanggungjawaban, terlebih dahulu dijelaskan bahwa nominal uang dalam SPJ tidak akan sama dengan yang diterimakan. Apa yang tertera itu hanya untuk SPJ saja.

“Kita tidak SPJ kan secara massal, karena itu menyalahi regulasi yang ada. Kita sudah sampaikan bahwa ini cuman SPJ, tapi kita bagikan kepada semua anggota. Setiap satu regu ada yang mewakili 10 orang yang tanda tangan SPJ,” kata La Madi.

Dijelaskan, anggaran yang didapat setiap anggota tidak sama karena disesuaikan dengan kehadirannya dalam pengamanan. Namun dia juga mengakui bahwa terhadap para Kabid menerima full.

“Ada yang 300 ribu, 500 ribu, sesuai kehadirannya. Tapi kalau kepala-kepala bidang itu tetap nilainya,” ujarnya.

Total anggaran pengamanan Festival Budaya Tua Buton lalu, kata La Madi, lebih kurang Rp 125 juta. Namun setelah dikurangi keperluan lain tinggal sekitar Rp 70 juta. Inilah yang dibagi untuk 260 anggota.

“Yang melakukan pengamanan sekitar 260 orang. Anggarannya dari total 125 juta, sekitar 70 juta untuk dibagikan kepada Pol PP,” katanya. (man)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top