Anggota DPRD Busel “Belajar” di Bogor – Butonpos
Suara Buton Selatan

Anggota DPRD Busel “Belajar” di Bogor

ilustrasi

BUTONPOS.COM, BOGOR – Kajian Antara Daerah (KAD) anggota DPRD Buton Selatan digelar di DPRD Kota Bogor, Rabu (26/7). Sejumlah anggota DPRD ini studi banding untuk perbaikan kinerja dan peningkatan Penghasilan Asli Daerah (PAD) Busel.

KAD DPRD Busel ini diterima langsung Ketua Komisi B DPRD Kota Bogor, Jenal Mutaqin, Kasubid Penyuluhan Dinas Pendapatan Bogor, Agus di ruang sidang DPRD Kota Bogor.

Jenal Mutaqin mengungkapkan, sumber pendapatan daerah terbesar Kota Bogor berasal dari sektor jasa dan pungutan retribusi lainnya seperti perhotelan, restoran, PBB dan BPHTB.

Ia menjelaskan, untuk rumah makan yang berpenghasilan Rp 3 juta ke atas dikenakan pajak restoran. Begitupun juga dengan kos-kosan yang memiliki kamar sepuluh dikenakan pajak perhotelan. Total PAD tiap tahun sebesar Rp 720 miliar. Sedangkan APBD tahun 2017 ini Rp 2,3 triliun.

“PAD terbesar kita ada di sektor jasa,” kata dia di hadapan sejumlah rombongan wakil rakyat asal Busel itu.

Hal itu didukung dengan ketentuan undang-undang Nomor 28 tahun 2009 tentang mekanisme penarikan pajak retribusi daerah.

Menurutnya, jika Busel memiliki sektor unggulan kelutan dan perikanan, maka yang perlu digenjot adalah strategi regulasi yang dilahirkan terkait percepatan dan mendorong realisasi peningkatan PAD. Apalagi kebijakan pemerintah pusat ada di sektor perikanan dan keluatan.

Ketua DPRD Busel La Usman mengatakan, KAD ini sangat penting dilakukan sehingga kondisi regulasi apa yang didapat di DPRD Kota Bogor dapat diaplikasikan di Busel.

“Untuk peningkatan PAD di Busel diperlukan pendataan data yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan DPRD. Sehingga sumber-sumber potensi daerah dapat di indentifikasi untuk dijadikan sumber PAD,” ujarnya.

Prev1 of 2

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />

Copyright © 2016 Butonpos

To Top