Antisipasi Kelangkaan BBM, Pemkab Wakatobi Rancang Peraturan HET – Butonpos
Suara Wakatobi

Antisipasi Kelangkaan BBM, Pemkab Wakatobi Rancang Peraturan HET

ilustrasi

BUTONPOS.COM, WAKATOBI– Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersunsidi jenis Premium satu tahun terakhir di Wakatobi, berimbas pada kenaikan harga eceran di sejumlah pedagang hingga dua kali lipat dari harga normal.

Imbasnya banyak masyarakat mengeluh bahkan beberapa organisasi kemahasiswaa menggelar demonstran.

Untuk mengantisipasi kembali terjadi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Wakatobi, telah menyusun rancangan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang dalam waktu dekat akan dibahas bersama pemerintah daerah sebelum ditetapkan sebagai peraturan daerah (Perda).

“Baru mau dibahas. Baru selesai ini dirancang. Pada akhirnya ini kita jadikan Perda termasuk BBM masuk yang disubsidi,” papar H. Kamarudin di ruang kerjanya, Kamis (12/10).

Kata dia, ada 60 poin yang dimuat dalam rancangan HET. Dimana akan mengatur secara umum harga keseluruhan wilayah Kabupaten Wakatobi. Untuk harga, nantinya di sesuaikan dengan provinsi.

“Akan diskusikan angka-angkanya. Karena kita sudah tahu harga BBM premium dari Baubau ke Pertamina sini. Disini kita atur sampai Tomia dan Binongko,” ungkapnya.

Ia menerangkan, banyak manfaat jika ada Perda pengaturan harga BBM di Wakatobi nantinya. Termasuk penertiban pengecer-pengecer tanpa izin. Dengan itu jumlah penimbun BBM di Agen Penyalur Minyak dan Solar (APMS) mudah dikontrol. (p10)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top