Antisipasi Resesi, Bupati Buton Dorong Penguatan Sektor Pertanian – Buton Pos
Suara Buton

Antisipasi Resesi, Bupati Buton Dorong Penguatan Sektor Pertanian

La Bakry

BUTONPOS.COM, BUTON-Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara mendorong penguatan sektor pertanian untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya resesi global.

“Saya suda diskusi sama pak kadis Pertanian dan juga pimpinan OPD lainnya bahwa kita mengantisipasi apa bila terjadi resesi,” ujar La Bakry sewaktu sosialisasi bantuan bibit ayam di gedung serbaguna Kelurahan Kamaru, Kecamatan Lasalimu.

Menurut Bupati resesi terjadi dimana transaksi barang dan jasa terhenti. Ia lantas mencontohkan “Misal, orang tidak ada uang, tidak ada transportasi. Tidak ada suplai barang, uang, ekonomi susah tidak bisa tumbuh. Tidak bisa ada produksi. Sementara kita ini perlu melanjutkan kehidupan ada anak-anak kita. Paling tidak dalam kondisi begitu kita harus bisa makan,” ujarnya.

La Bakry menjelaskan untuk mengantisipasi resesi itu, hasil pertanian menjadi solusuinya. Sebut saja kelapa. “Kalau kelapa itu. Tidak ada lagi kirim beras. Tidak ada lagi kirim makan-makan kaleng, apa segala macam. Suda terhenti semua tidak ada transportasi, macet semua tidak ada lagi macam-macam kita tinggal pergi naik kelapa,” ucapnya.

“Kita suda lapar ini satu keluarga lima orang baku-baku liat, tidak ada beras tidak ada apa-apa tapi kita punya pohon kelapa ada 20 pohon misalnya. Kita tinggal pilih itu pohon kepala, hari ini pohon ini, besok ini, lama-lama kita jadi kelapa semua,” imbuh La Bakry sembari berkelakar sambil tersenyum.

Tidak hanya itu, menurut Bupati, bertani kelapa sangat cocok digalakan. Selain dapat mengantisipasi resesi juga mempunyai prospek bisnis yang menjajikan. “Bisa dijual, jadi bisa mendapatan uang dan juga mendapatkan jaminan keamanan ketahanan pangan kita. Paling tidak untuk keluarga kita masing-masing,” ujarnya.

Seperti diberitakan Presiden Joko Widodo. Isu Penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan perang dagang antara Amerika dan China menjadi salah satu bahasan yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di Rakernas Indonesia Maju yang digelar di SICC Sentul, Rabu (13/11).

Perang dagang tersebut terbukti menjadi ancaman beberapa negara, termasuk Indonesia.

Bahkan di depan jajarannya, Jokowi mengaku sudah diingatkan oleh pihak World Bank (WB) dan International Monetary Fund (IMF) hingga beberapa kepala negara untuk waspada dengan ancaman resesi. (Cro2)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top