Apel Pengamanan Pilkades Buteng, Kapolres Baubau Tekankan Koordinasi Tiga Pilar – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Apel Pengamanan Pilkades Buteng, Kapolres Baubau Tekankan Koordinasi Tiga Pilar

BERTEKAD: Pemkab Buteng dan TNI Polri bulatkan tekad aman dan sukseskan Pilkades serentak di Buteng. FOTO: FAUZI/BUTON POS

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Jelang sehari pemungutan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), jajaran Polres Baubau menggelar apel kesiapan pengamanan di halaman kantor bupati, Rabu (9/10).

Apel kesiapan pengamanan Pilkades dengan 161 personil Polres Baubau dan 40 anggota TNI itu dipimpin langsung Kapolres Baubau, AKBP Hadi Winarno SIk. Disaksikan Bupati Buteng H Samahuddin dan Wabup Buteng Kapten Inf (Purn) La Ntau, Asisten I Setkab Buteng Hj Wa Ode Nurjannah, Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan sejumlah Kepala OPD lainnya.

Dalam arahannya, Kapolres Baubau menekankan kepada anggotanya untuk senantiasa melakukan koordinasi dengan panitia dan pengawas Pilkades. “Panitia, Pengawas, dan TNI/Polri merupakan tiga pilar yang harus senantiasa saling koordinasi untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkades,” ungkapnya.

Apa yang menjadi pengalaman dalam mengamankan Pemilu lalu, dapat diterapkan pula pada pengamanan Pilkades di Buteng. Mulai dari pengawalan pendistribusian logistik, pengamanan kotak suara di desa, proses pemungutan dan penghitungan suara, hingga pengawalan kembali kotak suara hasil penghitungan.

“Setelah apel ini, anggota sudah bisa bergeser mengawal pendistribusian logistik ke desa-desa. Malamnya langsung berjaga dan baiknya bersama-sama panitia dan pengawas melakukan patroli untuk mencegah dan mengantisipasi hal-hal yang bisa menganggu kesuksesan dan kelancaran Pilkades,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Buteng H Samahuddin berharap banyak kepada pihak pengamanan untuk mensterilkan desa yang melaksanakan Pilkades dari pengaruh minuman keras (Miras) beralkohol. Sebab, terjadinya keributan dan kerawanan dipicu dari mengkonsumsi Miras.

“Kalau anggota mendapatkan di lapangan ada yang mengkonsumsi Miras, tolong langsung diamankan sebelum mabuk dan berpotensi menimbulkan keributan,” pintanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Buteng ini mengaku sudah mendaparkan laporan dan informasi ada beberapa desa yang melaksanakan Pilkades yang dianggap rawan. Namun ia berharap, dengan kesiapan TNI/Polri turun mengamankan semua dapat teratasi dan tidak terjadi kerawanan.

“Semoga pelaksanaan Pilkades serentak 2019 ini yang diikuti 35 desa dapat berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif hingga semua tahapannya selesai,” harap Samahuddin. (uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top