Apresiasi Kinerja Tafdil-Johan Mendagri Nobatkan Penghargaan – Buton Pos
Suara Bombana

Apresiasi Kinerja Tafdil-Johan Mendagri Nobatkan Penghargaan

PENGHARGAAN: Mendagri, Tjahjo Kumolo menyerahkan piala UHC JKN-KIS Award ke Wakil Bupati Bombana, Johan Salim, Rabu (23/5). FOTO: BADAR/BUTON POS

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Pemerintahan Tafdil – Johan Salim kembali mengukir prestasi di kanca Nasional. Kinerja bupati dan wakil Bupati Bombana itu mendapat pujian langsung dari Menteri Dalam Negri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

Bertempat di salah satu hotel di Jakarta, Rabu (23/5), Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada Pemkab Bombana yang diterima langsung Wakil Bupati, Johan Salim. Kabupaten Bombana terbilang sukses dalam mengintegrasikan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Presentase penerapan program JKN-KIS di Bombana itu mampu menembus angka 96,4 persen. Sebuah capaian fantastik, sehingga pemerintahan Jokowi memberikan atensi dan penghargaan kepada pemerintahan Tafdil-Johan melalui Mendagri.

Usai menerima penghargaan, Wakil Bupati Bombana, Johan Salim mengatakan, penghargaan itu merupakan wujud dari upaya Pemkab dalam mengkolaborasikan antara program pusat dan daerah. “Alhamdulilah Bombana sabet penghargaan. Ini bagian karya nyata dan diakui oleh negara. Kinerja kita tergolong sukses dan mendapat pujian,” paparnya

Mantan wakil ketua DPRD Bombana itu menjelaskan, program peningkatan mutu kesehatan masyarakat melalui JKN-KIS itu, diakui pusat, berkat stimulus dari program kesehatan daerah melalui canangan program Gembira Kesehatan Bombana.

Terpisah, Kepala Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Bombana, Muhammad Ayub mengatakan, Bombana wajar jika mendapat penghargaan tersebut. Kata dia, kegigihan Bupati dan wakil Bupati Bombana, Tafdil johan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah, patut diajungkan jempol.

“Saya sudah prediksi sebelumnya. Sebab Bombana merupakan peserta terbanyak dalam perekrutan kartu JKN-KIS. Terdapat Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD mencapai 22. 331 peserta yang dialihkan dari Jamkesda,” jelas Ayub.

Berkat kerjasama tersebut sambung Ayub, jumlah kepesertaan terus meningkat dan bahkan melampaui target. “Kami berharap melalui kerjasama ini, seluruh masyarakat dari berbagai lapisan di daerah ini, dapat terdaftar dalam kepesertaan JKN-KIS,” tandasnya.

Senada dengan itu, Sunandar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana turut bersyukur atas hadirnya penghargaan tersebut. Kiat elaborasi antara JKN KIS dan program Gembira Kesehatan Bombana menuai hasil yang gemilang.

“Syukur Alhamdulilah kinerja kita dapat penghargaan. Memang tahun ini, Bombana mampu melampaui target. Dari 95 persen yang dicita-ciyakan, kita mampu meraih 96,4 persen. Kita nyaris 100 persen dari standar UHC JKN-KIS,” ujar Sunandar.

Selain Pemkab Bombana, tiga kabupaten lainnya di sulawesi Tenggara ikit menweima penghargaan yang sama. Mereka masing-masing Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe Kepulauan serta Kabupaten Konawe Utara. (dar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top