Arhawi: Wakatobi Pantas jadi Kabupaten Maritim – Buton Pos
Suara Wakatobi

Arhawi: Wakatobi Pantas jadi Kabupaten Maritim

Penyerahan secara simbolis sarana dan prasarana alat tangkap ikan

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Wilayah Kabupaten Wakatobi yang didominasi perairan, berpotensi untuk dikembangkan. Selain pada pembangunan pariwisata, perikanan, dan kelautan, rencananya Pemerintah Kabupaten wakatobi akan memperkuat kemaritiman.

“Pantaslah kalau Wakatobi ini kita jadikan sebagai kabupaten maritim. Apalagi di dalamnya 97 persen wilayah adalah laut, 3 persennya darat,” ujar Bupati Wakatobi H Arhawi SE pada kegiatan konfrensi pers di Rujabnya belum lama ini.

Belum lagi, lanjutnya, Wakatobi yang berada di jalur urat perdagangan perairan besar, yakni Laut Banda dan Laut Flores. Serta daerah kepulauan yang terletak di tenggara Sulawesi Tenggara.

Arhawi menilai melihat posisi Wakatobi tersebut, sangat memungkinkan untuk memperkuat jalur kemaritiman. Ia akan membuka jalur perdagangan ke daerah-daerah kepulauan wilayah Timur.

“10 tahun ke depan, tentu kita tidak statis dalam rangka untuk membangun Kabupaten Wakatobi ini hanya pada hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata saja. Berkaitan dengan masalah perikanan saja. Tetapi di dalamnya harus ada usaha untuk memanfaatkan potensi Wakatobi yang laut besar. Laut Banda dan Laut Flores ini,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, poros kemaritiman Wakatobi di wilayah perairan Laut Banda, akan terhubung dengan lima provinsi dan 17 kabupaten/kota. (p10)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!