AS Tamrin Terima Anugerah Kebudayaan PWI – Buton Pos
Metro Baubau

AS Tamrin Terima Anugerah Kebudayaan PWI

TERIMA ANUGERAH: Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin menyerahkan SK Anugerah Kebudayaan PWI Pusat kepada Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin di Pelataran Kantor Wali Kota Palagimata, Senin (13/1).

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Wali Kota Baubau, AS Tamrin kembali mendapat pengakuan secara personal dalam merawat budaya lokal. Kali ini, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mendapat Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Penghargaan itu tidak diperoleh mudah dan instan. AS Tamrin harus melalui serangkaian penilaian dewan juri mulai dari proposal hingga presentasi di kantor PWI Pusat, Jakarta 8-9 Januari 2019 lalu. Surat Keputusan (SK) Anugerah Kebudayaan PWI Pusat itu resmi diserahkan oleh Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin usai apel pagi di halaman kantor Wali Kota Baubau, Senin (13/1) kemarin.

“Anugerah ini tidak terlepas dari sinergitas antara pemerintah kota dengan insan pers di Baubau. Rupanya kinerja kita selama ini dianggap pantas menerima anugerah dari sekian banyak daerah yang dinilai,” ujar AS Tamrin.

Menurut dia, pers punya peran penting dalam kebudayaan daerah. Publikasi tentang kebudayaan daerah merupakan bentuk kontribusi langsung yang dilakukan wartawan.

“Penilaian ini bukan hanya dari sisi materi, tapi juga dari sisi pembangunan kebudayaan yang telah banyak dilakukan baik itu implementasi Polima hingga revitalisasi situs budaya serta pelestarian ritual adat kebudayaan di daerah. Kita sangat bersyukur ini mendapat perhatian dari PWI Pusat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin menjelaskan, penghargaan Anugerah Kebudayaan ini merupakan inisiatif PWI Pusat untuk membantu Presiden RI dalam mendorong nilai-nilai kebudayaan di daerah.

“Sehingga, PWI Baubau berkoordinasi dengan PWI Cabang Sultra untuk mengusulkan Wali Kota Baubau AS Tamrin sebagai salah satu calon penerima anugerah. Hasil pengkajian dewan juri, proposal yang diajukan ke masuk dalam 10 besar calon penerima yang diundang untuk melakukan presentase langsung 8-9 Januari 2020 lalu,” urai Aswarlin.

Hasilnya, terang dia, dewan juri menetapkan AS Tamrin sebagai salah satu kepala daerah yang berhak menerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat. Penganugerahan rencananya diserahkan pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Banjarmasin, 9 Februari 2020 mendatang.

“Penegasan dari ketua dewan juri saat penyerahan SK penetapan kepala daerah penerima anugerah ini bahwa pembangunan moral merupakan salah satu poin penting yang harus didorong demi kemajuan dan masa depan bangsa. Jika tidak ada aral melintang, momentum peringatan Hari Pers Nasional 2020 di Kota Banjarmasin nanti juga akan dilakukan beda buku berjudul Polima Gema Pancasila dari Baubau,” tandasnya. (exa)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top