Ashariyadi : Indonesia Harus Dalami ASEAN – Buton Pos
Metro Baubau

Ashariyadi : Indonesia Harus Dalami ASEAN

Sekertaris Direktorat Kerjasama ASEAN, Ashariyadi saat menjadi pemateri dalam kuliah umum di kampus unidayan baubau

BUTONPOS.COM, BAUBAU — Sekretaris Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN, Ashariyadi menegaskan seluruh pemangku kepentingan Indonesia dapat memberikan konstribusi dalam peningkatan peranan Indonesia, sehingga Indonesia mampu bersaing dengan negara ASEAN lainnya.

Hal ini diungkapkan Ashariyadi dalam sambutannya, mengisi kuliah umum di kampus Unidayan dalam rangka menyambut HUT ke-50 ASEAN, bertempat di Baruga La Ode Malim, Unidayan, Selasa (07/11).

Ia menjelaskan, Indonesia perlu mengetahui manfaat dan keuntungan menjadi negara ASEAN. Dan harus ditelusuri bagaimana perkembangan Indonesia setelah menjadi salah satu negara ASEAN.

“Kita harus lebih mendalami ASEAN, agar kita juga bisa sejajar dengan negara maju ASEAN lainnya. Dan Indonesia sebagai salah satu negara ASEAN harus mampu menjawab berbagai tantangan dan meraih peluang dalam era masyarakat ASEAN,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, tidak perduli dimanapun berada, yakni di Baubau ataupun di Jakarta dan daerah manapun kawasan Indonesia adalah termasuk dalam ASEAN.

Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat harus sadar betul terkait tujuan dari ASEAN. Tujuan utamanya adalah untuk mensejahterakan masyarakat yang tergabung dalam negara-negara ASEAN, terutama Indonesia.

“Sehingga kita harus memiliki semangat ASEAN, guna meningkatkan dan mensejajarkan negara Indonesia dengan negara maju ASEAN lainnya, ” tutupnya.

Sementara itu, Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin berikan apresiasi atas digelarnya kuliah umum yang digelar Unidayan tersebut.

Dalam sambutannya, AS Tamrin menjelaskan, pihaknya sangat mendukung dengan adanya kuliah umum yang diselenggarakan oleh Unidayan dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat daerah, bahwasanya hari ini telah tergabung menjadi masyarakat ASEAN.

“Saya juga sangat senang sekaligus berterimakasih atas kehadiran langsung dari Sekretaris Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri dalam giat ini, ” jelas Tamrin.

Masih banyak masyarakat, lanjut orang nomor satu di Kota Baubau ini yang belum memahami seperti apa masyarakat ASEAN. Oleh karena itu, dengan giat ini, masyarakat bisa mendapat pencerahan terkait manfaat dan tujuan menjadi masyarakat ASEAN.

Yang jelas, Tamrin menuturkan, dengan adanya tingkat kemajuan teknologi di era ini. ASEAN adalah wadah untuk mengantisipasi berbagai macam rintangan dalam menghadapi tingkat kemajuan dunia, agar tidak ketinggalan jaman.

Untuk menyesuaikan diri dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Tamrin memaparkan, masyarakat tidak boleh terlena dan lengah dalam menghadapi persaingan dengan masyarakat negara maju ASEAN lainnya.

Yang utama perlu dipersiapkan adalah aspek moral dan mental, utamanya pada anak-anak daerah. Karena mereka yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Dalam waktu ini juga, Tamrin mengingatkan selalu berhati-hati dalam penggunaan teknologi yang maju hari ini, karena masih ada saja informasi yang hoax atau palsu. Dan itulah yang perlu menjadi antisipasi pemerintah dan seluruh masyarakat, yakni selalu bijak dalam penggunaan tiap teknologi kemajuan hari ini.

“Ketika teknologi sangat maju hari ini yang digunakan secara baik. Hal itu akan berdampak efektif dalam memajukan daerah kita ataupun kinerja dalam pengolahan pemerintahan, dunia usaha dan seluruh aspek di kehidupan masyarakat,” tutupnya. (cr2)

BERITA POPULER

To Top