Asrun Lio: Pungutan Dana Komite di Sekolah Sebaiknya Dihentikan – Buton Pos
Suara Sultra

Asrun Lio: Pungutan Dana Komite di Sekolah Sebaiknya Dihentikan

BUTONPOS.COM, KENDARI – Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Asrun Lio menghimbau agar pihak sekolah meghentikan pungutan dana komite, apalagi didalamnya mengandung unsur paksaan. Pasalnya, pungutan Komite bertentangan dengan aturan undang-undang dan masuk dalam kategori pungutan liar (Pungli).

“Jadi mengenai dana komite itu sudah jelas aturannya. Dalam Permen Dikbud nomor 75, dimana komite ini ada dalam manajemen berbasis sekolah, serta kehadiran komite sekolah untuk membantu sekolah dan diatur dalam pasal 10 dan 11,” jelas Asrun saat ditemui di Kantor Gubernur Sultra, Rabu (9/1).

Menurut Asrun, komite sekolah boleh memungut biaya tetapi dalam bentuk penyediaan fasilitas sekolah, seperti pagar dan lainnya. Namun demikian dalam melakukan pungutan itu harus ada kesepakatan dari semua orang tua siswa dan tidak ada unsur paksaan dari pihak sekolah ataupun kepala sekolah.

“Sebenarnya komite sebagai wadah yang mengontrol sistim pembelajaran yang ada di masing-masing sekolah. Dimana jika proses belajar mengajar tidak sesuai harapan, maka komite bisa memberikan saran dan ide untuk kebaikan sekolah serta didalamnya tidak ada intervensi dari pihak kepala sekolah. Kemudian, sekali lagi tidak ada unsur paksaan di dalamnya,” tegasnya.

Sekali lagi Asrun menghimbau kepada sekolah yang masih menggunakan dana komite, memungut dana dari siswa agar hal itu dihentikan.

“Terlebih didalamnya melakukan paksaan terhadap orang tua siswa, karena itu sudah jelas melanggar aturan hukum dalam hal ini Pungli dan sudah pasti akan dikenakan konsekuensi sesuai undang-undang yang berlaku,” pungkasnya. (m4)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top