Awasi Pilgub, Panwas Bombana Gencar Sosialisasi – Buton Pos
Suara Bombana

Awasi Pilgub, Panwas Bombana Gencar Sosialisasi

sosialisasi pilgub

BUTONPOS.COM, BOMBANA-Lembaga Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bombana terus lakukan sosialilasi guna memahirkan sistem pengawasan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara 2018.

Jika sebelumnya, gelar bintek untuk internal pangawas tingkat Kecamatan (Panwscam). Kini bimbingan itu mulai diarahkan ke sejumlah stakeholder daerah dan masyarakat. Kamis (3/11/) Panwas Kabupaten Bombana gelar sosialisasi guna menjalin partisipasi masyarakat awasi Pilgub Sultra.

Ketua Panwas Kabupaten Bombana, Hasdin Nompo mengaku peran masyarakat dalam proses pemilu sangat dibutuhkan. Peran itu bukan hanya menyalurkan hak politik dipilih maupun memilih. Namun lebih dari itu, peran partisipasi untuk ikut mengawasi proses pemilu, merupakan satu hal yang tidak kalah paling.

“Peran partisipasi masyarakat itu amat penting. Mereka dibutuhkan untuk bersama sama dengan lembaga pengawasan, mengawal atau mengawasi proses Pilgub. Makanya kami intens untuk mensosialisasikan agar kesadaran atau peran warga ini aktif digunakan untuk mengawasi ditiap tahapan pilgub,”

Hasdin mengakui bahwa kuantitas peran dipilih dan memilih belum sebanding dengan jumlah peran untuk mengawasi jalannya proses demokrasi. ” Inilah yang sementara di kami genjot. Saya yakin semua warga menginginkan tegaknya demokrasi di negri ini. Olehnya itu, kami ajak semua elemen masyarakat untuk sama-sama mengawasi jalannya pilgub di wilayahnya masing masing,” bebernya.

Sementara itu, Munsir Salam Komisioner Bawaslu Sultra menjelaskan guna menjalin gerakan partisipasi masyarakat untuk pemilu itu, pihaknya sudah canangkan enam program pendekatan.

Diantaranya, membentuk ruang pojok pengawasan yang bertempat di Kantor Bawaslu di kendari. Selanjutnya, membentuk Saka Adhiyaksa atau pramukanya pemilu ditiap panwas Kota dan Kabupaten. Lalu, menginsisiasi terbentuknya Forum warga serta membentuk gerakan sejuta relawan Pemilu.

“Itu dulu yang kami dorong untuk ditahun 2017 ini. Meski begitu, kami juga sudah menyiapkan satu aplikasi khusus berbasis android. Aplikasi ini memudahkan pihak pelapor untuk melaporkan ditiap pelanggaran pemilu kepada kami pengawas,” ujar Munsir

Koordiator divisi pengawasan dan sosialisasi Pemilu Bawaslu Sultra ini mengaku akan menggandeng Perguruan Tinggi untuk mengawasi jalannya Pilgub di Sultra.

“Ada program kami namanya pengabdian masyarakat. Program ini melibatkan mawasiswa tapi ini mahasiswa yang lagi KKN. Mereka akan menyelipkan materi-materi pemilu ditiap agenda KKNnya kepada warga. Ini sebagai bentuk sosialisasi pemilu. Nanti kami akan kerja sama dengan perguruan tinggi di Sultra,” tukasnya. (Dar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!