Badan Pertanahan Sayangkan Pungli Lurah BWI – Butonpos
Hukum

Badan Pertanahan Sayangkan Pungli Lurah BWI

LUTFI

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Tindakan Lurah Bukit Wolio Indah (BWI) Kecamatan Wolio yang telah memungut biaya pengusuran sertifikat tanah sebesar Rp 850 ribu disayangkan pihak Badan Pertanahan Kota Baubau.

Kepala Badan Pertanahan Kota Baubau Abdul Muin APtnh melalui Kepala Seksi Pengadaan Tanah Lutfi APtnh mengungkapkan, Pertanahan sangat kecewa dengan tindakan Lurah BWI itu.

“Sebenarnya apa maksud dan tujuan dari Lurah BWI memungut dengan harga demikian dan apa dasar atau aturan yang menyebutkan hingga menganggarkan sampai mencapai Rp 850 ribu? Karena pada saat penyuluhan kami sudah menyampaikan jangan membuat kompensasi yang baru. Dengan syaratan kwintansi yang diikutsertakan dengan penguasaan fisik tanah sudah bisa sebagai dasar pengajuan,” ujarnya.

Menurut Lutfi, pembelian tanah yang sudah bertahun-tahun dan hanya menggunakan kwitansi tidak harus dibuatkan surat kopensasi baru. Syaratnya sudah cukup hanya melampirkan kwintansi penguasaan fisik atas tanah yang saat ini dimiliki masyarakat.

“Sedangkan untuk pembuatan sertifikat tanah tersebut dengan jalur Prona adalah gratis dan tidak dipungut biaya, baik itu yang sifatnya dari survey dan pengukuran tanah, itu tidak dipungut biaya, karena sudah ditanggung negara serta sudah dianggarkan pada APBN,” jelas Lutfi saat disambangi koran ini di kantornya, kemarin.

Kalau pun ada biaya, lanjutnya, berdasarkan SK tiga menteri beban biaya hanya Rp 300 ribu. Begutu pula Perda yang mengatur tentang hal pembuatan sertifikat tersebut. Dalam sosialisasi beberapa waktu lalu, sudah disampaikan bahwa kalau bisa harusnya di bawah angka 300 ribu, karena nantinya akan memberatkan masyarakat.

“Sedangkan untuk dana Rp 300 ribu ini sudah masuk dalam harga patok, materai dan alas hak. Sedangkan untuk survey dan pengukuran itu gratis karena itu sudah ada anggarannya dari pusat dan masuk dalam APBN. Sedangkan uang sebesar 350 ribu untuk diserahkan kepada pihak pertanahan itu tidak ada dan itu sebuah pembohongan,” tandasnya.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top