Banjir Sampolawa, Ketua DPRD Salahkan Kebijakan Mustari – Butonpos
Suara Buton Selatan

Banjir Sampolawa, Ketua DPRD Salahkan Kebijakan Mustari

Begini kondisi rumah warga Sampolawa pasca diterjang banjir beberapa waktu lalu

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Ketua DPRD Buton Selatan (Busel) La Usman mengharapkan semua pihak untuk memiliki kesadaran menjaga dan melindungi hutan di Busel. Pasalnya, salah satu penyebab banjir yang melanda wilayah Sampolawa beberapa waktu lalu adalah akibat gundulnya hutan jati di kawasan itu.

Kata dia, penyebab banjir itu akibat penebangan jati secara besar-besaran yang terjadi selama ini. Dan penebangan itu tidak terlepas dari lahirnya Izin Pengelolaan Kayu (IPK) yang diterbitkan pada masa pemerintahan Pj Bupati Busel La Ode Mustari.

Menurutnya, kebijakan itu sangat disayangkan dan bahkan ditantang sebelumnya. Sebab dalam kebijakan Pj Bupati pertama Busel tahun 2015 itu tidak pernah mengajak DPRD sebagai mitra kerja pemerintah.

“Ini akibat kebijakan pemerintah zaman Mustari sebelumnya dan ulah masyarakat tertentu juga. Yang akibatnya menimbulkan banjir seperti itu. Artinya, sebagaimana kita ketahui bahwa kebijakan itu atas lahir IPK oleh pemerintah Pj Bupati pertama sejak tahun 2015 lalu. Sampai terbitnya radiogram penghentian dari Kementerian Kehutanan RI itu kan atas desakan DPRD di Kementerian Kehutanan waktu itu, tapi tidak digubris,” papar Usman.

Kata dia, sebenarnya untuk mau bergerak melakukan reboisasi hutan saat ini sudah agak telat. Sebab, penanaman jati bukan seperti membalikan telapak tangan, butuh waktu puluhan tahun dan sangat lama. Karena itu, ia menggunggah kesadaran masyarakat untuk menjaga hutan dan melindungi ekosistem didalamnya.

“Marilah kita kembali kepada kesadaran kita masing-masing bahwa hutan itu adalah harus dipelihara, dilindungi untuk kelanjutan ekosistem. Dan lingkungan akan menjadi aman apabila erosi atau banjir apalagi di musim hujan seperti ini,” ujar pria asal Sampolawa ini ditemui wartawan di Kantor DPRD Busel.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top