Banyak OPD Baubau tak Mau Bayar Retribusi Sampah – Buton Pos
Metro Baubau

Banyak OPD Baubau tak Mau Bayar Retribusi Sampah

Ilustrasi

BUTONPOS.COM, FAJAR.CO.ID BAUBAU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Baubau mengakui masih banyak kantor-kantor pemerintahan yang tak mau membayar retribusi sampah.

Padahal kewajiban tersebut sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) No 17 Tahun 2012 tentang retribusi pelayanan persampahan/kebersihan.
Hasilnya, masuk ke kas daerah sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menjalankan regulasi tersebut, DLH menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang bertugas menarik retribusi persampahan setiap rumah, ruko, fasilitas kesehatan, pendidikan, instansi pemerintahan dan usaha lainnya.

“Sebenarnya didalam satu OPD menjalankan suatu retribusi, maka OPD yang lain pasti tau. Tapi banyak kantor-kantor yang membandel, tidak mau membayar retribusi persampahan,” ungkap Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah B3 DLH Baubau, Ode Jafarjo Nona ditemui di ruang kerjanya Rabu, (06/11/2019).

Ia tak menyebut OPD-OPD yang bandel menunaikan kewajiban retribusi sampah itu. Namun, ia sudah melaporkan hal itu ke Kepala DLH selaku pimpinannya.

“Nanti pimpinan yang melanjutkan ke atas. Kalau ada salah satu OPD yang tidak mau membayar, itu nanti kepala dinas yang sampaikan ke atas,” ujarnya.

Bukan hanya OPD, beber Jafarjo, sejumlah kantor kelurahan yang bersikap serupa. Kelurahan itu seperti Sulaa, Bonebone, Bukit Wolio Indah (BWI).

“Kami sudah mengadakan sosialisasi bersama Sekda dan pak Wali Kota, hanya banyak dari kelurahan yang tidak hadir. Jadi kebanyakan dari mereka tidak mendengar, sementara Perda, surat edaran dan SK Wali Kota, kita sudah diturunkan,” tandasnya.(an/jun)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top