Bappeda Buteng “Saring” Usulan Musrembang Kecamatan – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Bappeda Buteng “Saring” Usulan Musrembang Kecamatan

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat kecamatan telah dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) secara bergiliran di tujuh kecamatan bersama perwakilan OPD, anggota DPRD, camat, dan seluruh elemen masyarakat di masing-masing kecamatan.

Kepala Bappeda Kabupaten Buteng LM Syamsuddin Pamone, mengatakan Musrembang tingkat kecamatan bertujuan dalam rangka pembinaan dan fasilitasi pemerintah daerah dalam pelaksanaan penyelenggaraan Musrembang dalam menghimpun usulan-usulan tingkat kecamaatan di Kabupaten Buteng setelah tindak lanjut usulan dari tingkat desa dan kelurahan.

“Tahapan perencanaannya bersifat “bottom up” atau dari bawah ke atas yang mencerminkan perencanaan yang partisipatif, demokratis, dan transparansi yang akan menentukan arah pembangunan Kabupaten Buteng 2020 nanti,” ungkap Syamsuddin ditemui di kantornya, pekan lalu.

Di Musrembang tingkat kecamatan tersebut, semua usulan dari desa sudah dipisahkan mana usulan pembangunan yang akan dibiayai dengan dana desa dan dibiayai APBD. Selanjutnya dikategorisasi untuk infrastruktur, pertanian, perikanan, pariwisata, dan pemberdayaan masyarakat.

“Dari semua itu, Bappeda dan OPD akan menyaring lagi mana yang prioritas dibutuhkan desa atau kelurahan. Kemudian akan disandingkan dengan pokok-pokok pikiran DPRD dari hasil reses di Dapilnya masing-masing melalaui forum OPD. Kalau ada kemiripan akan kita satukan, sehingga kebutuhan di tingkat desa dapat tertangani,” jelas Syamsuddin.

Forum OPD tersebut akan dilaksanakan pihaknya dalam waktu dekat ini untuk dibawa ke Musrembang tingkat kabupaten akhir Maret nanti. Setelah itu, seluruh hasil hasil Musrembang akan dihimpun dalam satu dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) untuk dimasukan pada APBD 2020.

“Kita harapkan penyusunan perencanaan pembangunan Kabupaten Buteng 2020 merupakan hasil penyerasian perencanaan dari bawah ke atas (bootom up) dengan perencanaan dari atas ke bawah (top down),” kunci Syamsuddin.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top