Bareskrim Usut Kasus PLTU Kalialia – Butonpos
Hukum

Bareskrim Usut Kasus PLTU Kalialia

AKBP Suryo Aji SIK

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Sejumlah penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri terlihat di ruang Reskrim Polres Baubau, kemarin. Informasi yang diperoleh koran ini, para penyidik itu datang mengusut kasus dugaan korupsi di proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kelurahan Kalialia Kecamatan Lealea.

Amatan koran ini, tim penyidik Bareskrim tersebut berada di dalam gedung Satuan Reskrim Polres Baubau sejak pukul 09.00 Wita hingga malam. Di sekitar gedung pun terlihat kendaraan milik PLN Baubau. Sejumlah pegawai PLN juga terlihat di sekitar Mapolres Baubau.

Sekitar pukul 16.00 Wita, tampak juga Kepala Kesbangpol Kota Baubau Maulana Gafur keluar dari gedung Satreskrim Polres. Namun ketika ditanya sejumlah wartawan, mantan Kadis Tata Kota itu mengelak ikut diperiksa. “Tidak, saya hanya mau ketemu Kapolres untuk persiapan upacara 17 Agustus, karena saya dengar BUMN mau upacara sendiri, terpisah dengan kami,” timpalnya.

Ketika dikonfirmasi wartawan, Kapolres Baubau, AKBP Suryo Aji SIK tak menampik keberadaan tim penyidik Bareskrim itu. Tim tersebut dipimpin seorang perwira tiga melati, yaitu Kombes Sigit Widodo.

“Iya benar ada penyidik Bareskrim pinjam ruangan. Penyidiknya ada empat orang dipimpin seorang Kombes,” ungkap Suryo didampingi KBO, Ipda Desi Simon di Mapolres Baubau, kemarin.

Kata dia, tim penyidik itu sudah empat hari berada di Baubau melakukan pemeriksaan pihak-pihak. Mereka di Polres sejak Senin (7/8) lalu dan direncanakan sampai Sabtu (12/8) besok.

Perwira dua melati ini mengaku tak mengetahui pasti materi pemeriksaan dan siapa saja saksi yang diperiksa penyidik Bareskrim itu. “Cuma materi pemeriksaan kita tidak tahu. Karena saksinya langsung dipanggil ke ruanga diperiksa,” imbuh orang nomor satu di Polres Baubau ini.

Namun, menurut informasi yang diperoleh Kapolres, aktivitas yang dilakukan penyidik Bareskrim itu terkait dengan pengusutan dugaan rasuah dalam proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2010 di Kelurahan Kalilia Kecamatan Lealea.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top