Bawaslu Akui Terjadi Palanggaran di Pilwali, KPU Baubau Optimis Menangkan Perkara – Buton Pos
Ragam

Bawaslu Akui Terjadi Palanggaran di Pilwali, KPU Baubau Optimis Menangkan Perkara

BUTONPOS.COM JAKARTA – Di sidang Mahkamah Konstitusi (MK), kemarin Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengakui terjadi pelanggaran administrasi di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Baubau 2018.

Sementara itu, pihak termohon dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Baubau mengungkapkan, pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS)
telah terlaksana sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Pihak KPU sependapat dengan pihak terkait, dalam hal ini Paslon nomor urut 2, AS Tamrin dan La Ode Monianse (Tampil Manis) bahwa selisi suara di Pilwali Kota Baubau sudah melampaui ambang batas 2 persen.

Tidak hanya itu, mereka juga menilai bahwa pelanggaran yang didalilkan para pemohon, baik RossY maupun HYF-Ahmad bukan ranahnya MK, tetapi ranahnya Bawaslu Kota Baubau.

“Dalil-dalil termohon adalah persoalan-persoalan yang semestinya diselesaikan di tingkat Panwascam,” kata Kuasa Hukum KPU Baubau, Bosman usai persidangan di MK Jakarta Pusat, Selasa (31/7).

Karena itu, Bosman optimis memenangkan perkara ini karena pihaknya yakin dari sisi formil pemohon tidak memiliki legal standing terkait ambang batas yang seharusnya dipenuhi.

“Pada prinsipnya kami selaku termohon di dua perkara ini 19 dan 20 sudah menjawab dan membantah dalil yang dituduhkan termohon kepada kami. Tentu kita lengkapi dengan alat bukti selebihnya kami serahkan ke hakim majelis,” ujar mantan Ketua KPU Sultra itu.

Ungkapan yang sama juga disampikan Abdurahman, salah seorang kuasa hukum Tampil Manis. Manurutnya gugatan yang diajukan RossY dan HYF-Ahmad akan gugur sendirinya dengan aturan ambang batas di MK.

“Pada dasarnya kami persoalkan tentang ambang batas yang elewati 2 persen, oleh karena itu kami memohon pada MK bahwa permohonan pemohon tidak memenuhi legal standing,” ujar Abdurahman.

Terpisah salah seorang pengacara RossY, Muhammad Taufan tetap optimis permohonannya dikabulkan. “Sampai dengan saat ini kami tetap optimis permohonan yang kami ajukan akan dikabulkan,” tegasnya. (p20)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top