Bawaslu Baubau Tunda Pencopotan APK Liar – Buton Pos
Metro Baubau

Bawaslu Baubau Tunda Pencopotan APK Liar

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Baubau tunda pencopotan Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang dipasang tidak sesuai ketentuan. Penerbitan batal dilakukan Rabu (9/1) dan Kamis (10/1).

“Penerbitan yang sudah kita agendakan, itu kita reskedul. Karena ada beberapa kesepakatan baru tentang regulasi SK KPU nomor: 1096 tentang pengaturan APK dan petunjuk dari Bawaslu terkait perlakuan terhadap APK non fasilitasi dan non tambahan,” tukas Komisioner Bawaslu Baubau, M Yusran Elfargani di kantornya, kemarin.

Kata dia, yang diperpolehkan dipasang di lokasi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Baubau hanya APK difasilitasi dan tambahan. Dimana, APK difasilitasi berjumlah 10 baliho dan 16 spanduk setiap partai politik. Sedangkan, APK tambahan sebanyak lima baliho dan 10 spanduk.

“Problemnya, APK difasilitasi KPU ini terlambat dicetak. Sehingga, peserta Pemilu sudah tidak sabar kampanye. Maka mereka mencetak sendri APK-nya. Itu memang hak mereka,” tandasnya.

Dia menjelaskan, APK yang sudah terlanjur dicetak dan dipasang itu diistilahkan APK non fasilitasi dan non tambahan. Pihaknya tidak membatasi jumlah APK non fasilitasi dan non tambahan ini dengan catatan kontennya tidak melanggar peraturan dan dipasang di area privat serta memiliki izin tertulis dari pemilik tempat.

“APK non fasilitasi dan non tambahan ini yang kita atur supaya mereka jangan dirugikan. Karena satu APK yang mereka pasang itu butuh biaya Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu. Tapi ini hanya boleh dipasang di ruang privat, tidak boleh di titik-titik yang ditetapkan KPU,” tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan mengundang rapat para peserta Pemilu membahas regulasi tersebut pada Kamis (10/1). Rapat ini juga akan memutuskan agenda penerbitan APK yang dibiarkan melanggar.

“Kita beri kesempatan untuk menyesuaikan regulasi itu. Memindahkan sendiri APK non fasilitasi dan non tambahan ke ruang privat. Setelah itu kita penerbitan,” pungkas Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Baubau ini. (exa)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top