Bawaslu Buteng Gandeng Pemilih Pemula Jadi Pengawas Partisipatif Pemilu – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Bawaslu Buteng Gandeng Pemilih Pemula Jadi Pengawas Partisipatif Pemilu

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Untuk meningkatkan pengawasan terhadap pelanggaran Pemilu 2019 di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat menggandeng pemilih pemula sebagai pengawas paritisipatif di lapangan.

Pemilih pemula yang dijadikan pengawas partisipatif pertama dimulai dari Kecamatan Lakudo dengan melibatkan dua sekolah, yakni siswa SMAN 1 Lakudo dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Buteng. Selanjutnya akan menyusul sekolah-sekolah di kecamatan lainnya di Kabupaten Buteng.

Ketua Bawaslu Kabupaten Buteng Helius Udaya mengatakan, pemilih pemula merupakan aset potensial yang sangat efektif dan strategis untuk dilibatkan dalam proses pengawasan Pemilu. Menurutnya, generasi milenial harus diberi peran-peran posiif dalam meningkatkan kualitas mereka untuk berpartisipasi aktif pada kesuksesan Pemilu 2019 di Kabupaten Buteng.

Disamping punya kesadaran sebagai pemilih aktif, mereka juga secara sadar punya tanggungjawab penting dalam mengawasi jalannya Pemilu agar bisa berlangsung secara demokratis, bermartabat, dan berintegritas di daerah dan lingkungannya.

“Pemilih pemula yang kita rangkul menjadi pengawas partisipatif Pemilu 2019 akan menjadi mitra Bawaslu di lapangan dalam membantu Panwascam dan PPL di tingkat desa/kelurahan melakukan pengawasan terhadap pelanggaran Pemilu,” terang Helius ditemui di ruang kerjanya, pekan lalu.

Dalam menjalankan peran pengawasannya tersebut, Bawaslu Buteng memberikan kemudahan kepada para pemilih pemula ini dengan cukup melaporkan saja melalui telepon, SMS, atau WhatsApp. Selanjutnya Bawaslu sendiri yang akan menindaklanjuti laporan awal tersebut di lapangan.

“Peran mereka cukup melaporkan saja dugaan atau indikasi pelanggaran Pemilu yang terjadi di lingkungannya, baik pemasangan alat peraga kampanye, bagi-bagi uang, atau intimidasi untuk memilih salah satu caleg. Lebih bagus lagi bila laporannya itu diperkuat dengan bukti foto yang terjadi di lapangan,” papar Helius.

Dalam melakukan pengawasan Pemilu 2019 secara serentak, sejauh ini pihaknya juga sudah bermitra dengan lembaga-lembaga Kepemudaan lainnya seperti KNPI, Pramuka, Karang Taruna, dan bahkan majelis taklim. “Tujuannya agar semua tahapan Pemilu di Kabupaten Buteng berjalan dengan lancar, demokratis, dan berintegriotas,” kuncinya.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top