Bawaslu Perintahkan KPU Terima Pendaftaran Partai Idaman, PBB, dan PKPI – Buton Pos
Nasional

Bawaslu Perintahkan KPU Terima Pendaftaran Partai Idaman, PBB, dan PKPI

ilustrasi

BUTONPOS.COM, JAKARTA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima dokumen pendaftaran tiga partai politik yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat awal, untuk menjadi peserta Pemilu 2019.

Seperti dikutip dari jpnn.com, ketiga parpol tersebut masing-masing Partai Idaman, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) kubu AM Hendropriyono.

“Memerintahkan KPU memperbaiki tata cara dan prosedur pendaftaran dengan menerima dokumen pendaftaran sesuai ketentuan Pasal 176 dan Pasal 177 UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu,” ujar Ketua Bawaslu Abhan, saat membacakan putusan atas permohonan sepuluh parpol di Gedung Bawaslu, Rabu (15/11).

Dengan adanya putusan ini maka ketiga parpol dapat melanjutkan tahapan pendaftaran yang kini diproses di Komisi Pemilihan Umum (KPU), untuk nantinya pada Desember mendatang memasuki tahapan verifikasi faktual.

Setelah itu barulah parpol dapat dinyatakan memenuhi syarat atau tidak menjadi peserta Pemilu 2019.

Menurut Abhan, pertimbangan keputusan didasari sejumlah faktor. Antara lain, pengutamaan penggunaan sistem informasi partai politik (Sipol) sebagai dasar penilaian oleh KPU untuk menentukan keterpenuhan persyaratan pendaftaran, dinilai tidak mendasar.

“Sipol bukan instrumen pendaftaran yang diperintahkan oleh UU Pemilu, sehingga Sipol bukan merupakan prosedur pendaftaran bagi partai politik untuk menjadi calon peserta pemilu,” ucapnya.

Sebelumnya, Partai Idaman, PBB, dan PKPI Hendropriyono diketahui telah mendaftar ke KPU untuk menjadi peserta Pemilu 2019 pada3-16 Oktober lalu.

Penyelenggara kemudian menyatakan dokumen pendaftaran ketiga parpol tidak lengkap diunggah ke Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) di laman KPU.

Akibatnya, ketiga parpol kemudian mengadu ke Bawaslu. Dalam hal ini keputusan Bawaslu bersifat final dan mengikat.(gir/jpnn)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!