Bayar Gaji 14 dan TPP ASN, Pemkab Mubar “Kuras” Kasda Rp 9 Miliar – Buton Pos
Ragam

Bayar Gaji 14 dan TPP ASN, Pemkab Mubar “Kuras” Kasda Rp 9 Miliar

BUTONPOS.COM, MUNA BARAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) telah menepati janjinya terhadap aparatur sipil negara (ASN) untuk membayarkan gaji 14 dan tambahan penghasilan pegawai (TPP) 14 hari sebelum lebaran idhul fitri 1440 hijriah atau 2019 masehi.

Melalui Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mubar, Rosma Sari Laute mengaku, gaji 14 dan TPP seluruh pegawai lingkup Pemkab Mubar telah disalurkan sejak 24 Mei lalu. Pihaknya mengikuti kebijakan nasional terkait pembayaran gaji 14 dan TPP.

“Gaji 14 dan TPP kita sudah tunaikan kepada penerima hak, yakni para ASN lingkup Mubar. Gaji itu kita berikan sejak 24 Mei lalu. Kami mengikuti petunjuk secara nasional bahwa mulai tanggal 24 Mei itu gaji 14 sudah harus masuk di rekening masing-masing pegawai bersamaan dengan TPP untuk keperluan lebaran,” jelasnya.

Demi melunasi tambahan penghasilan para pegawai di luar gaji pokok itu, Pemkab Mubar “menguras” kas keuangan daerah (Kasda) sekitar Rp 9 miliar. Gaji 14 Pemkab Mubar menyiapkan dana sebesar Rp 6 miliar lebih, dan tunjangan TPP sebesar Rp. 2 miliar lebih. Seluruh pegawai sudah dianggarkan untuk gaji 14 dan TPP ini.

“Kita sudah anggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini. Pengalokasian gaji 14 itu dilakukan setiap tahun anggaran berjalan. Karena porsi gaji 14 itu juga tiap tahun diterima oleh para pegawai, dan itu sudah hak mereka. Jadi pemerintah harus siap,” ujarnya.

Pasca menerima gaji 14 dan TPP, tidak lama lagi para pegawai akan kemasukan dana dari gaji 13. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mubar itu mengaku, khusus gaji 13 akan dibayarkan Juni. Katanya, satu minggu setelah keluar gaji pokok, gaji 13 sudah akan dicairkan juga.

“Khusus gaji 13 itu cairnya nanti setelah gaji Juni. Satu minggu setelah keluar gaji pokok langsung disusul dengan pembayaran gaji 13. Karena ini menyangkut dengan kepentingan anak sekolah. Kami Pemkab Mubar sudah mengatur pembayaran gaji para ASN termasuk penghasilan mereka itu diluar gaji pokok,” pungkasnya. (p5)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top