Beli Kayu Jati, Oknum PNS Baubau Ditahan Jaksa – Buton Pos
Metro Baubau

Beli Kayu Jati, Oknum PNS Baubau Ditahan Jaksa

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau menahan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Baubau inisial R. Pria yang mengaku ASN bertugas di Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana itu tersandung pembelian Kayu Jati diduga dari kawasan hutan lindung di Kelurahan Labalawa Kecamatan Betoambari.

Pelimpahan tersangka dan barang bukti dari Polres Baubau ke Kejari Baubau dilakukan sejak lima hari lalu atau Senin (15/7). Barang bukti 93 batang jati berbagai ukuran kini sudah ditahan di Kejari Baubau.

“Pada saat penyerahan tersangka dan barang bukti, dia berstatus PNS Kota Baubau katanya di BKKBN,” ungkap Kasi Pidum Kejari Baubau, Awaluddin Muhammad dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jum’at (19/7).

Kata dia, terdakwa dijerat Undang-Undang (UU ) Nomor 18/2013 tentang Pencegahan Perusakan Hutan. “Terdakwa atas nama R ini pada intinya membeli jati sebanyak 93 batang dari kawasan hutan lindung di daerah Labalawa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya menahan terdakwa dan dititip ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Baubau sejak tahap II lalu. “Sekarang kasusnya dalam proses pelimpahan ke Pengadilan Negeri Baubau,” bebernya.

Dalam berita acara pemeriksaan, jelas dia, terdakwa membeli kayu jati itu dari seseorang. Sebelum membeli, terdakwa berasumsi bahwa kayu tersebut berasal dari hutan milik kakek penjual yang diwariskan secara turun temurun. Kayu tersebut akhirnya ditemukan petugas pada saat digeletakkan di pinggir Jalan Putih Kelurahan Labalawa.

“Tetapi pada saat itu si penjual mengatakan bahwa ini bukan lagi warisan, tapi sudah kawasan hutan lindung. Oleh terdakwa diabaikan malah berkata sudahlah, itu tanggung jawab saya. Itu menurut keterangan saksi-saksi,” terangnya. (exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top