Belum Bisa Cair, DD Tahap Tiga Masih di Kasneg – Buton Pos
Suara Buton

Belum Bisa Cair, DD Tahap Tiga Masih di Kasneg

LA MADI

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Dari 83 desa di Kabupaten Buton, belum ada satupun yang mendapat dana desa (DD) tahap tiga tahun 2018. Dana itu kini masih tersimpan di kas negara (Kasneg) atau belum ditransfer ke kas daerah (Kasda).

“Sampai dengan hari ini belum ada yang dicairkan dana desa tahap tiganya. Karena menurut informasi ini, belum dicairkan dari kas negara ke kas daerah. Sekarang kita tinggal menunggu saja,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton, La Madi, ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/10).

Dia mengaku belum mengetahui pasti penyebab mengendapnya DD tahap tiga tersebut di Kasneg. Namun untuk DD tahap dua, sudah hampir seluruhnya masuk ke rekening masing-masing desa.

“Pencairan DD tahap dua sekarang sudah mencapai 90 persen lebih. Tinggal beberapa desa lagi yang belum, tapi sudah juga dalam proses pencairan,” katanya.

Kendati DD tahap tiga ini masih di Kasneg, lanjut dia, namun sebagian desa sudah menyelesaikan syarat administrasi pencairannya. Hanya saja, masih diminta menunggu.

“Sebagian dari mereka sudah melaporkan realisasi tahap duanya. Setelah itu dia juga sudah membuat laporan pertanggung jawaban tahap satunya. Sudah tinggal dicairkan sebenarnya, tapi belum bisa karena masih menunggu anggaran yang di transfer dari pusat itu,” terangnya.

La Madi menjelaskan, syarat untuk mendapatkan DD tahap tiga adalah setiap desa wajib menyetor laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) DD tahap satu dan laporan realisasi penggunaan DD tahap dua. Jika tidak lengkap, dipastikan ditolak. Kendatipun dananya sudah masuk di Kasda.

Dia menambahkan, pencairan DD tahap tiga sudah bisa dilakukan dari sekarang hingga Desember 2018 batas akhirnya.

Pernyataan La Madi ini dibenarkan oleh Bendahara Bantuan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buton, Yamin. Namun dia juga mengaku belum mengetahui pasti penyebab belum turunnya. Tapi kabar baiknya, minggu depan sudah akan dikucurkan ke Kasda.

“DD tahap tiga itu belum ditransfer. Tapi informasinya katanya kemungkinan minggu-minggu depan sudah ditransfer,” tutupnya. (man)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top