Berbagi Sembako di Kecamatan Gu-Sangia Wambulu, KNPI Buteng Tembus Hujan di Desa Doda Bahari – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Berbagi Sembako di Kecamatan Gu-Sangia Wambulu, KNPI Buteng Tembus Hujan di Desa Doda Bahari

SERAHKAN BANTUAN: Ketua KNPI Buteng Firman Kasim, menyerahkan paket bantuan obat-obatan kepada anggota Polsek Sangia Wambulu yang bertugas di lapangan menangani Covid-19

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BUTON TENGAH – Di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melanda negeri, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tampil menjadi garda terdepan dari lembaga organisasi yang memberikan perhatian dan kepedulian kepada masyarakat kecil, petugas kesehatan, dan petugas keamanan memberikan kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) dan obat-obatan.

Semua kecamatan tak luput dari program KNPI berbagi ini, mulai dari ujung barat Kabupaten Buteng di Talaga Raya sampai ujung timur Sangia Wambulu di Desa Baruta Analalaki dan Desa Doda Bahari. Meskipun hujan rinai (rintik-rintik), tak menghalangi niat tulus Ketua KNPI Buteng Firman Kasim bersama anggota membagikan sembako dan obat-obatan di dua desa tersebut, Minggu sore (5/4/2020).

Sayangnya, pembagian Sembako di Desa Doda Bahari tidak tuntas karena keburu hujan deras. 15 paket Sembako kemudian dititipkan di Balai Desa untuk dibagikan pemerintah desa kepada warga kurang mampu. Tak menunggu hujan reda, Kades Doda Bahari Abdul Hanis Anto membagikannya langsung dari rumah ke rumah warganya.

Ketua KNPI Kabupaten Buteng, Firman Kasim, mengatakan pembagian Sembako dilakukan di tujuh kecamatan dengan tiga tim. Tim pertama di Kecamatan Talaga Raya, Mawasangka, dan Mawasangka Tengah (Masteng). Tim kedua di Kecamatan Mawasangka Timur dan Kecamatan Lakudo. Tim ketiga di Kecamatan Gu dan Sangia Wambulu.

“Dua tim sudah dibagikan kemarin dan hari ini (Minggu) tim ketiga membagikannya di Kecamatan Gu dan Sangia Wambulu,” beber Firman.

Tujuan pembagian Sembako dan obat-obatan ini, kata dia, untuk meringankan beban masyarakat yang tidak beraktifitas lagi di tengah himbauan pemerintah untuk lebih banyak berdiam di rumah dalam menghadapi penyebaran virus corona.

“Sasaran bantuan kita berikan kepada warga kurang mampu. Termasuk pihak Keamanan, petugas kesehatan, dan teman-teman pers yang tidak boleh luput dari perhatian kita,” tukasnya.

Firman mengaku, bantuan Sembako dan obat-obatan yang diberikan KNPI Buteng hanya ala kadarnya dan tidak banyak. Tetapi bagaimana memulai berbagi meringankan kebutuhan sehari-hari saudara-saudara kita agar bisa juga diikuti organisasi atau lembaga lainnya di Kabupaten Buteng.

“Dalam rancangan anggaran KNPI tidak ada untuk penanganan Covid-19, tapi kita harus berani mengambil sikap untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang mampu. DPP KNPI sendiri telah menghimbau kepada seluruh pengurus KNPI di daerah untuk mengambil peran,” tuturnya.

Apalagi di Kabupaten Buteng, bupati mengharapkan kepada semua yang mampu mulai dari pengusaha hingga Kepala-Kepala OPD untuk bisa berbagi semampunya di tengah pandemi Covid-19 ini. “Alhamdulillah, KNPI Buteng sudah memulai dan kita berharap dapat diikuti elemen lainnya,” pungkas Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Buteng ini.

SERAHKAN SEMBAKO; Kades Doda Bahari, Abdul Hanis Anto, menyerahkan Sembako dari KNPI Buteng kepada warganya yang kurang mampu

Kades Doda Bahari, Abdul Hanis Anto, mengaku sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan KNPI dalam menghadapi Covid-19 dan mengucapkan terima kasih tak terhingga karena masyarakatnya tidak luput dari perhatian KNPI dalam memberikan bantuan Sembako dan obat-obatan.

“Bantuan ini sangat membantu pemerintah Desa Doda Bahari dalam memberikan perhatian kepada warga kurang mampu ditengah merebaknya virus corona,” ungkapnya.

Hanis mengaku, pihaknya telah mengalokasikan anggaran dana desa dalam menghadapi Covid-19. Hanya saja lebih memfokuskan pada pencegahan dan penanganan Covid-19, belum memprogramkan pada pembagian Sembako seperti yang dilakukan KNPI Buteng.

“Makanya kami sangat bersyukur dengan adanya program berbagi KNPI ini, karena telah melengkapi program penanganan Covid-19 di Desa Doda Bahari. Ada pencegahan virus corona seperti pembagian masker dan ruang plastik disinfektan yang diputar melalui kipas yang akan diadakan pemerintah desa, plus bantuan Sembako dan obat-obatan dari KNPI Buteng,” jelas Hanis.

Ruang plastik tersebut semacam ruang isolasi yang dilengkapi dengan kipas angin untuk memutar cairan disinfektan. Warga tinggal masuk di ruang plastik tersebut, kemudian meng-on-kan kipas angin yang sudah disambungkan dengan cairan disinfektan.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top