Besok, Sidang Lanjutan Pilkada Bombana – Butonpos
Bombana

Besok, Sidang Lanjutan Pilkada Bombana

ashar

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Sidang lanjutan perselisihan hasil Pemilu (PHP) kepala daerah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara kembali digelar, Rabu (22/3) di Mahkama Konstitusi (MK).

Sesua jadwal di laman wibsite resmi MK, PHP dengan 34/PHP.BUP-XV/2017 itu akan berlangsung pukul 09.00 WIB di Aula Sidang Kantor MK Jalan Merdeka Jakarta. Dengan agenda, mendengar jawaban termohon, yakni KPU Bombana dan jawaban pihak terkait.

Saat dikonfirmasi, komisioner KPU Bombana Ashar mengatakan, pihaknya sudah siap menjawab semua tuntutan yang dilayangkan pihak pemohon. Sejumlah bukti terkait Pilkada Bombana kata dia, telah komplit disiapkan untuk sidang besok. “Pihak kami itu telah siap. Sejumlah bukti-bukti pendukung sudah kami siapkan,” pungkasnya melalui telpon.

Guna mendampingi di sidang nanti, lanjutnya, KPU Bombana menyertakan empat pengacara sekaligus. Mereka masing-masing, mantan Ketua KPU Sultra, Bosman SH MH, pengacara KPU Bombana lima tahun lalu, Afiruddin Matara SH MH, Kasi Datun Kejari Bombana Inal, S Saiful SH selaku pengacara negara, serta DR Abdul Rahman SH MH.

Ashar menjelaskan, berkas jawaban KPU Bombana, telah komplit dibuat pengacara untuk diajukan di MK. “Berkas jawaban itu sudah ada dan siap kami ajukan di sidang nanti. Berkas itu pula, sudah mendapat restu berupa sinkronisasi dengan KPU Provinsi Sultra hingga KPU RI,” jelasnya.

Ketua KNPI Bombana ini masih enggan membeberkan point penting atau materi jawaban yang akan diajukan ke MK nanti. “Tunggu ya. Sidangnya saja belum, masa harus dibeberkan sekarang,” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Paslon Kasra Jaru munara-Man Arfah resmi menggugat Keputusan KPU Bombana nomor 08/Kpts/KPU-Kab-026.659470/II/Tahun 2017 yang memenangkan, pasangan nomor urut dua Tafdil-Johan Salim, sebagai pemenang Pilkada sesuai hasil rekapitulasi perhitungan suara, 23 Februari lalu.

Setidaknya terdapat dua tuntutan pemohon, diantaranya memintah kepada KPU Bombana untuk mendiskualifikasi Paslon nomor dua Tafdil-Johan Salim atau melaksanakan Pemunguta Suara Ulang di 53 TPS di wilayah Kabupaten Bombana. (dar)

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />
Enter ad code here

Copyright © 2016 Butonpos

To Top