Betoambari Dikembalikan jadi Ibukota Baubau – Buton Pos
Metro Baubau

Betoambari Dikembalikan jadi Ibukota Baubau

RONI MUHTAR

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) mendesain Kecamatan Betoambari menjadi lokasi pengembangan pusat ibukota Baubau. Rumah Jabatan (Rujab) para pejabat akan dibangun di kawasan simpang lima Palagimata Kelurahan Lipu.

Pun, Pemkot Baubau sudah mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 untuk pembebasan lahan. Pengembangan kawasan ibukota tersebut rencananya bertahap, dimulai dari pengadaan tanah seluas 10 hektar.

“Rujab Wali Kota, Wakil Wali Kota dan seluruh pejabat lainnya kita akan bangun satu kawasan di Palagimata ini. Itu nanti menjadi pusat ibukota Baubau,” beber Sekretaris Kota (Sekot) Baubau, Roni Muhtar, dikonfirmasi di kantor Wali Kota Baubau, Senin (13/1).

Menurut dia, Kecamatan Betoambari ini memang sejatinya menjadi ibukota Baubau. Sehingga, sudah sepantasnya didesain menjadi pusat kota pemilik benteng terluas di dunia ini.

“Sebenarnya ibukota Baubau ini kan di Kecamatan Betoambari Kelurahan Lipu. Jadi ini nanti kita tata menjadi salah satu icon Baubau,” pungkas Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Baubau ini.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Baubau, Arif Basari mengatakan, pembebasan lahan untuk pengembangan ibukota di Palagimata itu dialokasikan Rp 3,5 miliar. Realisasinya direncanakan pada triwulan kedua 2020.

“Triwulan pertama itu adalah pembebasan lahan Bandara Betoambari, jalan jembatan penghubung Muna-Buton dan perluasan Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Wakonti. Setelah itu baru pengembangan kawasan ibukota Baubau,” tandas Arif. (exa)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top