BPJS Kesehatan Baubau: KIS Itu Satu – Buton Pos
Kesehatan

BPJS Kesehatan Baubau: KIS Itu Satu

Tutus Novita Dewi

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Kartu BPJS Kesehatan yang kini berganti nama menjadi Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah sama, yaitu satu. Hal ini diungkapkan Kepala BPJS Kota Baubau, Tutus Novita Dewi SKM Apt AAK saat dikunjungi butonpos.com, di ruang kerjanya, Jumat (17/3/17).

Menurut pengganti Subkhan ini, dalam hal ini fungsi, kartu tersebut bernilai sama, tidak ada perbedaan perlakuan, hanya segmen pesertanya yang berbeda.

Peserta yang memperoleh KIS, ada yang didaftarkan Pemerintah Pusat (PBI APBN), Pemerintah Daerah (PBI APBD), Perusahaan (PPU) dan TNI/Polri dengan prosedur pelayanan dan fungsi yang sama, yang membedakan hanya kelas rawat.

“Kalau dia misalkan PBI APBN dan PBI APBD, maka kelas rawat yang ditanggung adalah kelas III, tidak boleh naik kelas rawat. Sedangkan TNI/Polri, PNS dan karyawan perusahaan namanya PPU di kelas I dan II, minimal kelas II,” Jelas Tutus.

Sedangkan peserta mandiri (peserta bukan penerima upah), terang Tutus, bisa memilih kelas rawat, kelas I, II, dan III, tergantung kemampuan pembayaran premi.

Terkait cara mendapatkan KIS, Tutus menjelaskan, bagi masyarakat miskin melalui Dinas Sosial yang akan dilaporkan ke Kemensos, sehingga data itu yang diserahkan ke BPJS.

“Kalau TNI/Polri, karena sudah ada data basenya, bisa juga langsung kesini. Kalau masyarakat miskin itu lewat Dinas Sosial, tidak langsung ke BPJS. Yang langsung ke BPJS itu PNS, TNI/Polri atau memang peserta yang mau daftar sendiri yang preminya bayar sendiri,” tutupnya. (po8)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!